Dubes dan keluarga dalam Tahun Baru Tet

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 20 Januari 2012, Televisi Vietnam, VTV4 mewawancarai Duta Besar RI Vietnam, Mayerfas dan anggota keluarganya di kediaman Duta Besar. Wawancara berkaitan dengan Hari Raya Tet ketibaan Duta Besar dan keluarganya di Hanoi.


Duta Besar Mayerfas mengatakan bahwa dia sangat senang telah tiba di Hanoi beberapa hari sebelum Hari Raya Tet. Meskipun ia telah beberapa kali mengunjungi Vietnam, tapi baru kali ini mengalami suasana Tet di Vietnam. Dia merasa benar-benar gembira dapat mengikuti cara-cara masyarakat Vietnam mempersiapkan Tet. Di kediamannya, Duta Besar dan keluarganya juga menyiapkan dan menghias pohon persik mekar dan pohon “kumquat”, simbol dari keberuntungan dan kebahagiaan untuk keluarga di tahun baru.


Duta Besar menyampaikan bahwa selama masa jabatannya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, ia akan fokus pada pemeliharaan dan menjunjung tinggi persahabatan tradisional dan hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam. Duta Besar akan bekerja sama dengan koleganya di Kedutaan Besar serta teman-teman Vietnam untuk memperluas kerja sama Indonesia-Vietnam dalam segala aspek, termasuk politik, ekonomi, sosial-budaya, pendidikan dan pariwisata. Dia juga akan terus memperkuat saling pengertian dan pertukaran antara rakyat kedua negara dengan menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat dengan fokus pada “people-to-people contanct.”


Tet atau “Lunar New Year” merupakan Hari Raya paling besar di Vietnam dan merupakan hari libur yang paling penting dan terpopuler di Vietnam. Tet dirayakan oleh seluruh masyarakat Vietnam di mana pun mereka berada, baik di dalam maupun di luar negeri. Hari-hari libur Tet, juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk saling bersilaturahmi dan mengunjungi pagoda-pagoda. Tet merupakan tradisi yang dilaksanakan dan dirayakan setiap tahun sejak berabad-abad yang lalu.