SUKA CITA MASYARAKAT INDONESIA DI HAMBURG DAN SEKITARNYA RAYAKAN NATAL BERSAMA DI KJRI HAMBURG

KJRI Hamburg bekerja sama dengan persekutuan-persekutuan masyarakat Kristiani Indonesia di Hamburg dan sekitarnya merayakan natal bersama pada hari Jumat, 4 Desember 2015. Kegiatan natal bersama dimulai dengan acara kebaktian dari pukul 18:00 s.d. 19:15 dan dilanjutkan dengan perayaan natal dengan seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal di Hamburg dan sekitarnya.

Tema Natal tahun ini adalah „Hidup Bersama sebagai Keluarga Allah“, yang diangkat dari tema Natal Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) tahun 2015. Acara kebaktian diikuti oleh sekitar 150 masyarakat Kristiani Indonesia dan friends of Indonesia di Jerman Utara dipimpin oleh Pastor Nicolaus Koban dan Evangelist Titus Candra Christianto, S.Th.

Setelah acara kebaktian, perayaan natal dimulai dan dibuka oleh Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Sylvia Arifin. Sekitar 400 masyarakat Indonesia dan friends of Indonesiadi Hamburg dan sekitarnya memenuhi aula KJRI Hamburg untuk merayakan natal pada malam tersebut. Dalam sambutannya Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Sylvia Arifin menyampaikan bahwa sesuai dengan tema natal “Hidup Bersama sebagai Keluarga Allah”, diharapkan keluarga besar diaspora Indonesia di Jerman Utara menjadikan perayaan natal sebagai momentum untuk merayakan kemajemukan bangsa dan disikapi dengan rasa syukur dan perbuatan yang produktif. Dengan semangat kekeluargaan dalam suatu keluarga besar Indonesia, diharapkan dapat menyongsong tahun baru dengan sinergy positif seraya turut berpartisipasi membangun Indonesia yang lebih sejahtera dan damai.

Sebelum sambutan Konsul Jenderal RI Hamburg, wakil masyarakat Kristiani Indonesia di Hamburg dan sekitarnya, Bapak Toga Panjaitan memberikan kata sambutan ucapan terima kasih kepada KJRI Hamburg yang telah memberikan kesempatan kepada seluruh umat Kristiani Indonesia di Hamburg dan sekitarnya merayakan natal bersama di KJRI Hamburg.

Dalam rangka perayaan natal bersama tahun ini, berbagai persekutuan masyarakat Kristiani Indonesia dan wakil berbagai organisasi kemasyarakatan di Hamburg dan sekitarnya memeriahkan acara dengan menampilkan berbagai paduan suara dan lagu-lagu rohani. Pada kesempatan tersebut juga tampil salah satu pengajar sekolah musik dan penyanyi asal Indonesia yang tinggal di Kiel, Yonatan Pandelaki menyanyikan beberapa lagu rohani.

Untuk menyemarakkan natal bersama, sinterklas bersama Konsul Jenderal RI Hamburg membagikan hadiah kepada anak-anak yang turut hadir merayakan natal bersama. Setelah makan malam, perayaan natal dilanjutkan dengan acara hiburan dengan menampilkan berbagai lagu dari Yonathan Pandelaki dan sumbangan lagu dari berbagai masyarakat Indonesia yang hadir. Dengan penuh suka cita masyarakat Indonesia dan friends of Indonesia di Hamburg dan sekitarnya merayakan natal pada malam yang cukup dingin tersebut.

Hamburg, 7 Desember 2015

Sumber: KJRI Hamburg (sosbud@kjrihamburg.de)