Acara Advenstafel DIG Niedersachsen menekankan pentingnya hubungan persahabatan Indonesia-Braunschweig

Hubungan kerjasama antara Deutsch-Indonesische Gesellschaft-DIG (Perhimpunan Masyarakat Indonesia-Jerman) Niedersachsen dengan KJRI Hamburg selama ini telah berjalan dengan baik dan produktif. Sehubungan dengan hal tersebut, Wakil Walikota Braunschweig, Annegret Ihbe, dalam kesempatan membuka acara perayaan Natal „Advenstafel“ tanggal 28 November 2015, bertempat di Altstadtrathauses, Balai Kota tertua di Braunschweig, Negara Bagian Niedersachsen, menyampaikan rasa puasnya atas kerjasama DIG Niedersachsen dan KJRI Hamburg dalam mengembangkan hubungan dengan Indonesia.

Secara khusus Wakil Walikota Ihbe juga mengapresiasi kerjasama sister city Bandung-Braunschweig yang telah terlaksana dengan baik di berbagai bidang. Dalam rangka meningkatkan peluang kerjasama antara kedua kota kembar yang tahun 2015 ini akan memasuki usia ke-55 tahun tersebut, delegasi Braunschweig yang dipimpin oleh Walikota Ulrich Markuth direncanakan berkunjung ke Bandung pada bulan Februari 2016.

Konjen RI Hamburg, Sylvia Arifin dalam kata sambutannya mengemukakan bahwa pihaknya menyambut baik rencana kunjungan Walikota Braunschweig dan delegasi ke Bandung pada awal tahun 2016. Kunjungan Walikota Braunschweig dinilai sebagai momentum yang tepat untuk merevitalisasi hubungan kerjasama kota kembar antara Bandung-Braunschweig, khususnya dalam sektor-sektor ekonomi, pendidikan dan penelitian, pembangunan smart city serta program capacity building untuk pengelolaan pengairan dan limbah. Salah satu capaian yang menonjol antara Bandung dan Brauschweig adalah kerjasama bidang pendidikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unversitas Bung Hatta, Padang, Indonesia dengan Technische Universität Braunschweig (TUB) untuk program pertukaran pengajar dan pelajar serta pembentukan double degree program antara kedua universitas. KJRI Hamburg selaku Perwakilan RI di Jerman yang juga membawahi Niedersachsen siap memfasilitasi suksesnya kunjungan Walikota Braunschweig ke Bandung untuk menggali potensi kerjasama lebih luas antara kedua kota.

Selain menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Braunschweig atas kesediaannya menjadi tuan rumah acara Advenstafel ini, Konjen RI Hamburg juga menyampaikan penghargaan kepada Mr. Wolfgang Sehrt, Presiden DIG Niedersachsen atas berbagai program yang dilaksanakan untuk mempererat kerjasama antara Nidersachsen dengan Indonesia secara keseluruhan.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 peserta termasuk Konjen RI Hamburg tersebut merupakan tradisi tahunan menjelang Natal yang rutin diselenggarakan oleh DIG Niedersachsen dan Pemerintah Kota Braunschweig. Sebagai kota kembar tertua yang dimiliki Jerman untuk wilayah Asia Tenggara, kerjasama Bandung-Braunschweig diharapkan dapat terus diperkuat dan diperdalam di masa mendatang.

Acara ditutup dengan jamuan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Braunschweig diiringi dengan penampilan musik dan budaya Indonesia, termasuk musik angklung yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia di Braunschweig, anggota DIG Niedersachsen.