Tentang Pelayanan Perwakilan

Konsulat Jenderal RI di Guangzhou yang secara resmi diumumkan pembukaannya pada tanggal 12 Desember 2002.  ​

KJRI Guangzhou meliputi wilayah yurisdiksi mencakup 4 (empat) Propinsi yaitu: Guangdong, Fujian, Hainan dan Guangxi yang merupakan wilayah ekonomi terluas dan dinamis dengan yang didiami penduduk sekitar 200 juta jiwa atau 13,5% dari total penduduk China.

Wilayah Kerja KJRI Guangzhou merupakan bagian dari provinsi dan kota di RRT yang mengalami pertumbuhan pesat terutama dibidang ekonomi karena kebijakan keterbukaan RRT. Banyak kawasan dan kota diwilayah kerja KJRI Guangzhou berada dibarisan terdepan menerapkan Special Economic Zone di RRT dan mendulang sukses seperti kota Shenzhen, Zhuhai Xiamen. Satu-satunya Special Economic Zone yang dapat dikatakan mengalami kegagalan adalah kota Shantou, yang sampai saat ini belum dapat menyamai ketiga daerah tersebut diatas.

Keempat wilayah kerja KJRI Guangzhou tersebut memaikan peranan yang penting dalam perekonomian RRT secara keseluruhan. Provinsi Guangdong merupakan salah satu motor ekonomi utama RRT dengan GDP terbesar di seluruh RRT; Provinsi Fujian merupakan provinsi utama yang menjalin kerjasama dengan Taiwan kerena letak geografisnya yang berdekatan; Hainan merupakan provinsi dengan industri utama di bidang pariwisata yang cukup dikenal dunia; Guangxi yang merupakan daerah otonomi khusus serta merupakan provinsi yang ditunjuk pusat sebagai provinsi utama dalam hubungan ekonomi RRT dengan negara ASEAN.

Di masa depan, empat provinsi yang menjadi wilayah kerja KJRI Guangzhou ini akan terus memainkan peranan penting dalam koridor ekonomi internasional yang diperkenalkan oleh Presiden Xi Jinping saat kunjungannya ke Indonesia pada tahun 2013 yaitu 21st Century Maritime Silk Road (CMSR) atau Jalan Sutera Maritim, terutama Provinsi Guangdong dan Fujian yang secara aktif telah melakukan berbagai dialog dan pengkajian terkait CMSR.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Guangzhou memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mempromosikan dan meningkatkan intensitas hubungan ekonomi dan Pariwisata serta sosial budaya antara Republik Indonesia dan wilayah kerja KJRI Guangzhou.

KJRI Guangzhou juga memiliki tugas untuk memberikan layanan kekonsuleran dan keimigrasian berupa penerbitan visa untuk warga negara asing yang hendak berkunjung ke Indonesia dan penerbitan dokumen keimigrasian bagi WNI yang berdomisili maupun sedang berkunjung ke wilayah kerja KJRI Guangzhou. Selain itu, KJRI Guangzhou juga berusaha senantiasa memberikan perlindungan secara optimal kepada WNI yang berdomisili di wilayah kerja.

Selain itu KJRI Guangzhou juga mempunyai tugas untuk memberikan palayanan dan memfasiltasi kepada media massa nasional dan international dalam melakukan kegiatan jurnalistik di Indonesia. Kegiatan Jurnalistik dimaksud adalah :

  1. Peliputan rangkaian kegiatan di lingkungan Kemlu dan Perwakilan RI di luar negeri,

  2. Kunjungan jurnalistik media asing ke Indonesia dalam rangka kegiatan peliputan berita dan shooting film/film dokumenter,

  3. Penempatan koresponden asing di Indonesia dan

  4. Pelayanan pengurusan dokumen-dokumen pelaksanaan tugas media-media nasional dan internasional.


Alamat KJRI Guangzhou :

Rooms 1201-1223 Dong Fang Hotel, West Building, 2nd Fl.

120 Liu Hua Road, Guangzhou, Guangdong, PRC, 5100016

Tel. +86-20-86018772, Faks. +86-20-86018773,

Email: indonesiaguangzhou@kemlu.go.id


Jam Kerja Kantor

Senin - Jum'at, jam 09.00 - 17.00


Jam Pelayanan Visa dan Konsuler

Senin - Jum'at, jam 09.00 - 12.00 ; 13.00 – 17.00

KJRI Guangzhou tutup pada hari libur Indonesia dan Tiongkok.