Promosi Seni dan Budaya ”Batik Indonesia"

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Pada tanggal 19-20 Mei 2010 KJRI Guangzhou telah menyelenggarakan acara Batik Show dan workshop cara pembuatan Batik yang bertempat di Wisma Indonesia dengan menampilkan Pembatik dari Afif Syakur Kerajinan Batik Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 orangtamu dan undangan , yang terdiri dari Korps Konsulat di Guangzhou, Guangzhou Women International Club, isteri para pejabat pemerintah Propinsi Guangdong, tokoh masyarakat setempat, warga Returned Overseas Chinese asal Indonesia dan Warga Negara Indonesia yang bermukim di Guangzhou. Turut hadir pula produser dan presenter acara Discovery Guangzhou dari TV Guangzhou yang secara khusus meliput acara Indonesian  Batik Show untuk disiarkan pada tayangan program tersebut.

Disamping presentasi dan demo membatik, juga ditampilkan fashion show Batik oleh para peragawati yang terdiri dari para ibu-ibu anggota ODW (Darma Wanita) dan display kain Batik Indonesia. Acara  ini juga dimeriahkan oleh beberapa tarian tradisional Indonesia.

Acara demo dan workshop membatik cukup menarik perhatian para pengunjung dan khususnya bagi para ibu-ibu (ODW) dan undangan dari Korps pewakilan Konsulat asing di Guangzhou dan warga Tiongkok pada umumnya. Hal ini dikarenakan baru pertama kali mereka dapat menyaksikan langsung bagaimana proses membuat batik dengan menggunakan alat tradisional canting. Sehingga dalam acara tersebut terjadi interaksi langsung antara pengunjung dan pencantingnya tentang bagaimana batik tulis Indonesia dibuat.

Pada tanggal 21 Mei 2010 Tim Batik dari Afif Syakur juga diundang untuk memberikan presentasi dan demo membatik di sekolah internasional ”Guangzhou Nanhu International School (GNIS)”. Dihadiri oleh sekitar 80 orang siswa-siswi GNIS dari kelas 6 hingga kelas 8, presentasi dan demo berjalan lancar dan sangat interaktif. Acara yang semula dijadwalkjan berlangsung hanya 2 jam menjadi diperpanjang hingga 3.5 jam. Hal ini dikarenakan antusiasme para siswa yang masing-masing ingin mencoba praktek menorehkn canting diatas kain. Pada akhir acara pihak sekolah menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kesmpatan langka yang diberikan KJRI Guangzhou karena dengan demikian siswa-siswinya mendapat pengetahuan dan pengalaman langsung tentang proses pembuatan batik.

pada tanggal 21-22 Mei 2010 juga telah diadakan pameran Batik di Hotel Dong Fang. Selama dua hari pameran tercatat sejumlah 316 pengunjung telah datang dan menyempatkan untuk melihat serta mengamati berbagai koleksi batik yang indah dan langka serta mengisi buku tamu dengan komentar-komentar bernada kekaguman atas keindahan dan kualitas batik tulis Indonesia.Dalam berbagai kesempatan tersebut, KJRI juga melaksanakan promosi pariwisata melalui penerangan dan pemberian pamphlet serta brosur - brosur mengenai daerah tujuan wisata di Indonesia dalam kerangka Visit Indonesia 2010. Kepada para undangan dan pengunjung pameran  dibagikan souvenir khas Indonesia dan bahan promosi pariwisata Indonesia. Disamping itu, ibu-ibu DWP KJRI Guangzhou juga tidak ketinggalan mengambil kesempatan untuk mempromosikan jajanan khas (KJRI GZ)