Promosi Kuliner Indonesia di Guangzhou TV

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai upaya mempromosikan salah satu produk budaya Indonesia, yaitu  budaya kuliner Indonesia, selama berlangsungnya acara Asian Games di Guangzhou, pada tanggal 11 Nopember 2010 KJRI dan Guangzhou Television telah membuat program tayangan tentang makanan khas Indonesia (Indonesia’s cuisine specialty).

Bertempat di wisma KJRI  dengan dukungan dari para anggota Darma Wanita Persatuan, acara shooting Guangzhou TV menampilkan  dua jenis masakan khas Indonesia yaitu Soto Bandung dan Gado-Gado.

Selain menampilkan peragaan cara memasak dan menyajikan kedua jenis makanan khas tersebut, acara shooting juga menampilkan seorang nara sumber pakar Indonesia dari Guangdong University of foreign studies, yatu Professor Cai Jincheng, yang turut mengulas tentang sejarah dan keunikan budaya Indonesia serta keterpengaruhan antara budaya Tiongkok dan Indonesia.

Acara shooting peragaan memasak dan menyajikan makanan khas Indonesia ini cukup menarik perhatian terutama bagi produser dan presenter Guangzhou TV. Hal ini dikarenakan baru pertama kali mereka menyaksikan langsung bagaimana proses memasak Soto Bandung dan membuat Gado-Gado dengan segala aneka rupa bahan dan bumbu-bumbunya.

Program shooting tersebut nantinya akan ditayangkan pada saluran Guangzhou English Channel yaitu dalam acara “Discovery Guangzhou “. Pihak produser program menyatakan bahwa acara ini akan mencoba menampilkan kekhasan budaya dari beberapa negara Asia, khususnya dari segi kuliner, dan secara bergilir akan ditayangkan selama pelaksanaan Asian Games dari tangal 12 sampai 27 Nopember.

Selain budaya kuliner Guangzhou TV juga mewawancarai narasumber tentang Batik sebagai salah satu produk budaya Indonesia yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan tak benda dunia (Intangible World Heritage).

          Diakhir acara pihak presenter mengakhiri shooting dengan mengucapkan “Selamat Datang di Indonesia…!” dalam bahasa Indonesia yang cukup jelas. (sumber KJRI Guangzhou )