Peringatan HUT RI ke- 65 di Guangzhou

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kegiatan olah raga, lomba dan panggung gembira untuk masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2010  bertempat di Hall serbaguna kampus South China Agricultural University, Guangzhou. Acara diikuti oleh lebih dari 300 WNI, sebagian besar mahasiswa, dan lebih dari 30 warga negara setempat (keturunan Indonesia).

Berbagai kegiatan dipertandingkan/ dilombakan dalam acara tersebut antara lain balap karung, makan kerupuk, estafet karet gelang, tarik tambang, memasukkan pensil ke dalam botol, lomba karaoke, lomba joget dan lain-lain yang digelar pada pagi hingga siang hari.. Sedangkan dari siang hingga sore hari,  digelar panggung gembira, yang melibatkan seluruh peserta, baik WNI maupun warga setempat, yang diisi dengan nyanyian, tarian, operet drama perjuangan  dan pembagian hadiah serta door prize. Sejumlah staf pengajar di South China Agricultural University turut hadir dalam pembukaan.

Dapat kiranya disampaikan bahwa acara lomba/ pertandingan olah raga dalam rangka peringatan HUT RI ke-65 dilaksanakan jauh hari sebelum tanggal 17 Agustus 2010, mengingat sebagian WNI/mahasiswa akan segera memasuki masa-masa ujian pada awal bulan Juli, dan selanjutnya pulang ke Indonesia untuk liburan musim panas hingga akhir bulan Agustus 2010.

Upacara bendera telah dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2010 pagi bertempat di wisma Indonesia dan berlangsung dengan lancar dan khidmat. Dimulai pukul 08.00, upacara diikuti oleh sekitar 200 WNI yang sebagian besar mahasiswa, dan lebih dari 50 warga negara setempat (keturunan Indonesia).

Dalam kesempatan memberikan sambutannya, konjen RI mengajak hadirin untuk memahami tentang  sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang telah membuktikan jati dirinya sebagai bangsa yang besar, bangsa yang tangguh, bangsa yang selalu mampu mengatasi tantangan zaman. Setiap cobaan yang dialami membuat bangsa ini lebih tegar, setiap krisis yang dihadapi membuatnya lebih kuat dan setiap tantangan yang silih berganti membuat Indonesia lebih bersatu. Disamping itu juga disampaikan  agar warga Indonesia di wilayah akreditasi berkarya lebih baik lagi untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera di masa datang,  terus berjuang pantang menyerah guna mendukung tercapainya seluruh agenda pembangunan serta  mengisi kemerdekaan dengan saling bahu-membahu, menyumbangkan apa yang terbaik dari kita di bidang masing-masing.(KJRI Guangzhou