PESANTREN KILAT “MINI” DI KJRI GUANGZHOU

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ada yang istimewa pada bulan ramadhan  tahun 2010 ini di KJRI Guangzhou. Untuk pertama kalinya, KJRI bekerjasama dengan warga Indonesia yang beragama islam telah menyelenggarakan sebuah pesantren kilat mini.

”Mini” karena pesertanya tidak lebih dari50 orang yang terdiri dari keluarga staf KJRI dan para mahasiswa WNI yang beragama Islam.

Acara diadakan di aula KJRI dari tanggal 25-27 Agustus, dengan mendatangkan ustad Izzudin Abdul Manaf,MA , seorang ahli pengamat ekonomi syariah yang juga Dosen di STIE Ciputat.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama dengan KJRI Hong Kong. Dimana Ustad Izzudin adalah Ustad yang didatangkan oleh KJRI Hong Kong untuk betugas di Hong Kong selama 2 minggu dari permulaan bulan Puasa.  Mengingat kedekatan jarak antar Guangzhou dan Hong Kong, (2 jam perjalanan kereta) maka KJRI Guangzhou beinisiatif “meminjam” Ustad Izzudin buat mengisi pesantren kilat di Guangzhou.

Pesantren kilat diadakan sejak pukul 16.00, yang diisi dengan tadarus dan Tanya jawab sekitar tata cara membaca Al Quran yang benar. Selanjutnya setelah acara buka puasa bersama dilanjutkan dengan sholat Maghrib, Isya dan Tarawih berjamaah. Seusai shalat tarawih diadakan ceramah agama selama kurang lebih 30 menit dan di akhiri dengan Tanya jawab.

Sebelumnya, masyarakat Indonesia yang berada di Guangzhou dan sekitarnya hanya melaksanakan berbuka puasa bersama dan sholat tarawih yang diselenggarakan oleh KJRI setiap hari Jumat. Melihat antusiasme dan besarnya dukungan dari warga, maka acara peasantren kilat mini serupa akan menjadi program tahunan KJRI. (KJRI Guangzhou)