Batik Show di Guangzhou

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 19-20 Mei 2010 KJRI Guangzhou telah menyelenggarakan acara Batik Show Indonesia bertempat di Wisma KJRI dengan menampilkan Pembatik dari Afif Syakur Kerajinan Batik Yogyakarta.

 

            Disamping demo membatik, dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 80 undangan tersebut KJRI Guangzhou juga menampilkan fashion show Batik oleh para peragawati yang terdiri dari para ibu-ibu anggota ODW (Darma Wanita) dan display kain Batik Indonesia. Acara  yang juga dimeriahkan oleh beberapa tarian tradisional Indonesia tersebut juga diliput olehh TV Guangzhou dan akan disiarkan dalam Guangzhou TV English Channel.

 

            Acara demo membatik cukup menarik perhatian para pengunjung dan khususnya bagi para ibu-ibu (ODW) dan undangan dari Korps pewakilan Konsulat asing di Guangzhou dan warga Tiongkok pada umumnya. Hali ini dikarenakan baru pertama kali mereka dapat menyaksikan langsung bagaimana proses membuat batik dengan menggunakan alat tradisional canting. Sehingga dalam acara tersebut terjadi interaksi langsung antara pengunjung dan pencantingnya tentang bagaimana batik tulis Indonesia dibuat.

 

            Dalam kesempatan tersebut, KJRI juga melaksanakan promosi pariwisata melalui penerangan dan pemberian pamphlet serta brosur - brosur mengenai daerah tujuan wisata di Indonesia dalam kerangka Visit Indonesia 2010. Disamping itu, ibu-ibu DWP KJRI Guangzhou juga tidak ketinggalan mengambil kesempatan untuk mempromosikan jajanan khas Indonesia, yang tentunya sajian jajanan khas ini sangat dinikmati oleh para pengunjung acara Batik Show Indonesia (KJRI Gz)