Himbauan Kepada WNI Terhadap Bahaya Penyakit MERS

5/29/2015

​​

Himbauan Kepada WNI Terhadap Bahaya Penyakit MERS

Berdasarkan laporan dari Komisi Kesehatan Provinsi Guangdong tanggal 28 Mei 2015 bahwa seorang warga negara Korea di kota Huizhou, provinsi Guangdong telah tertular penyakit Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Penyakit MERS adalah penyakit pernafasan yang banyak diketemukan di wilayah Timur Tengah pada tahun 2012. Sejak itu virus tersebut telah menyebar ke beberapa negara di Eropa, Afrika, Asia dan Amerika. Penyakit MERS disebabkan oleh virus corona, salah satu jenis virus yang masih berkerabat dengan virus penyebab SARS. Kemampuan penularannya begitu cepat biasanya di akhiri dengan kematian dan berpotensi menjadi epidemi global.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas Konsulat Jenderal RI di Guangzhou menghimbau kepada Warga Negara Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI Guangzhou (Provinsi Guangdong, Guangxi, Fujian dan Hainan) untuk waspada terhadap penyebabaran penyakit tersebut, dengan indikasi utama seperti demam tinggi, bersin dan batuk berkepanjangan yang dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) dengan kegagalan multiorgan, gagal ginjal, koagulopati konsumtif dan perikarditis serta pneumonia berat.

Untuk itu kepada seluruh warga negara Indonesia agar senantiasa dapat saling mengingatkan dan memperhatikan satu sama lainnya untuk selalu menggunakan masker, dan apabila diantara warga Indonesia terdapat gejala seperti disebutkan diatas untuk segera memeriksa kesehatannya ke dokter atau rumah sakit terdekat sebagai upaya antisipasi dan pencegahan dari kemungkinan tertular penyakit MERS (sumber KJRI Guangzhou)

Demikian agar menjadi perhatian dan atas kerjasamanya diucapkan terima kasih. 

Guangzhou, 29 Mei 2015​