Program Magang di KJRI Guangzhou

​​A.         Pendahuluan​​

Sebagai sebuah kegiatan diplomasi publik, program magang di KJRI Guangzhou ditujukan untuk mendapatkan dukungan bagi kinerja KJRI Guangzhou serta pembinaan terhadap WNI di Tiongkok dan di tanah air serta penggalangan masyarakat setempat. Program magang di KJRI Guangzhou dibuka kepada generasi muda Indonesia dan Tiongkok, yang merefleksikan semangat good governance dan transparansi yang diharapkan dari segenap elemen pemerintahan Republik Indonesia.

 

B.  Program Magang di KJRI Guangzhou

1.  Program magang di KJRI Guangzhou dilakukan selama minimum dua bulan.

2.   Bagi setiap peserta magang, diberlakukan tertib waktu kerja setiap harinya, yaitu hari Senin-Jumat, jam 09:00-17:00 (termasuk istirahat makan siang hari Senin-Kamis jam 12:00-14:00 dan hari Jumat jam 12:00-14:30). Ketertiban waktu kerja akan berdampak pada penilaian akhir setiap peserta magang.

3.    Program magang dilakukan tanpa memberi imbalan keuangan bagi peserta magang.

4.  Peserta magang menanggung sendiri biaya transportasi internasional dan lokal serta akomodasi, makan, dan keperluan perorangan lain-lainnya selama yang bersangkutan berada di Guangzhou.

5.    Peserta magang diharuskan memiliki asuransi kesehatan atau asuransi perjalanan selama berada di Guangzhou. Peserta magang menanggung sendiri biaya pengobatan dan perawatan jika jatuh sakit selama periode magang.

6.   Bagi peserta yang pada saat mengajukan permohonan magang berada di Indonesia, maka pengurusan visa dilakukan sendiri dengan mengunjungi perwakilan Pemerintah RRT atau visa center RRT terdekat.  KJRI Guangzhou tidak dapat memberikan surat pengantar kepada mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan program magang di KJRI Guangzhou.  Peserta magang tidak diizinkan untuk melakukan program magang lebih lama dari masa berlaku visanya di Tiongkok. 

7.   KJRI Guangzhou memberikan kesempatan untuk melakukan magang maksimum di dua fungsi sesuai dengan kebutuhan KJRI Guangzhou yaitu di Fungsi Ekonomi, Fungsi Sosial dan Budaya, Fungsi Protokol dan Konsuler dan Fungsi Imigrasi.

C.  Persyaratan Umum Bagi Kandidat Peserta Program Magang

1.   Kandidat adalah mahasiswa salah satu perguruan tinggi terakreditasi di Indonesia atau Tiongkok.

2.   Kandidat dapat berasal dari segala bidang studi, namun prioritas akan diberikan kepada mahasiswa S1 dari fakultas ilmu sosial dan politik, ilmu ekonomi dan perdagangan, bahasa, komunikasi, dan hukum.  Prioritas juga akan diberikan kepada mahasiswa yang sedang melakukan studi terkait dengan Tiongkok atau hubungan RI-RRT di berbagai bidang. 

3.   Kandidat berumur 20-26 tahun.  Prioritas akan diberikan kepada mahasiswa yang sudah atau sedang mengikuti semester ke-5 di jurusan studinya saat mengajukan permohonan magang. 

4.   Kandidat direkomendasikan untuk melakukan program magang oleh fakultas.  Untuk itu, diperlukan surat permohonan magang yang ditandatangani oleh Kepala Program Studi/Dekan/Pembantu Rektor di mana kandidat saat ini sedang menuntut ilmu.

5.   Kandidat adalah mahasiswa berprestasi, dengan nilai-nilai akademis baik atau sangat baik.  Prioritas akan diberikan kepada kandidat yang dapat menunjukkan keaktifan dalam program ekstra-kurikuler yang tidak bersifat politik.

6.   Kandidat berbahasa Indonesia dengan baik (lisan maupun tulisan) dan dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris mencukupi.  Prioritas akan diberikan kepada kandidat yang mampu berbahasa Mandarin.

7.    Kandidat dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

D.   Kewajiban Peserta Program Magang

1.    Di awal program, peserta magang akan berkonsultasi dengan Koordinator Magang guna menyusun kalender kegiatan masing-masing peserta magang. 

2.    Berdasarkan kalender kegiatan program magang yang telah disetujui oleh peserta magang dan Koordinator Magang, peserta magang akan menandatangani Surat Komitmen, yang berisikan berbagai kewajiban sebagaimana tertera di bawah. 

3.   Peserta magang akan melakukan dengan baik tugas-tugas yang diberikan oleh Koordinator Magang, sesuai dengan kemampuan akademis atau pengalaman kerja masing-masing peserta magang. 

4.   Peserta magang akan mencatat kegiatannya setiap hari dalam Jurnal Harian, yang setiap harinya, pada akhir jam kerja, harus ditandatangani oleh Koordinator Magang. 

5.   Peserta magang akan menulis esai (1.500 kata atau 5-6 halaman, spasi ganda, font Arial 11) dalam Bahasa Indonesia mengenai kebudayaan dan sudah disetujui oleh Koordinator Magang di awal program magang 3 (tiga) hari sebelum program magang berakhir. 

6.   Peserta magang akan mengikuti tata tertib waktu kerja di KJRI Guangzhou. 

7.   Peserta magang akan berpakaian sopan, rapih, dan formal, layaknya home staff dan local staff KJRI Guangzhou. 

8.   Peserta magang akan mematuhi segala peraturan terkait dengan akses dan kerahasiaan dokumen Pemerintah RI. 

9.   Peserta magang akan mematuhi segala peraturan dan undang-undang Pemerintah setempat.

E.   Prosedur Permohonan Magang

1.  Menyampaikan surat permohonan magang yang ditandatangani Kepala Program Studi/Dekan/Pembantu Rektor beserta dokumen-dokumen sebagai berikut:

Biodata sesuai dengan format dari KJRI Guangzhou.  (Format Biodata.doc); Fotokopi kartu mahasiswa dan KTP;

Surat Pernyataan (Format Surat Pernyataan.doc), di atas materai Rp. 6.000, bahwa kandidat akan menanggung biaya akomodasi, transportasi lokal dan internasional, makan dan keperluan perorangan lain-lainnya; serta transkrip nilai terbaru.

2.  Surat permohonan magang beserta dokumen-dokumen dimaksud dikirim melalui email ke indonesiaguangzhou@kemlu.go.id dan ditujukan kepada Konjen RI Guangzhou.

3.   Untuk dapat dipertimbangkan oleh KJRI Guangzhou, surat permohonan beserta kelengkapan dokumen harus diterima setidaknya 2 (dua) bulan sebelum usulan tanggal dimulainya program magang.