Pendaftaran Diri

LAPOR/ REGISTRASI DIRI

Warga Negara Indonesia (WNI) yang pindah dan menetap di luar negeri wajib mendaftarkan diri kepada Perwakilan Republik Indonesia yang berada di wilayah tempat tinggalnya dalam 30 hari sejak waktu kedatangan. WNI yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal. Dan kejadian penting lainnya(seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada Perwakilan Republik Indonesia di Negara setempat.

Hal ini berarti setiap WNI yang berada di Jerman, baik itu untuk tujuan menetap, bekerja, belajar, kuliah, atau wisata/jalan-jalan/singgah sementara, diharapkan memiliki kesadaran untuk segera mencatatkan dirinya ke Perwakilan Indonesia terdekat. Melalui registrasi diri ini, Perwakilan Indonesia dapat memberikan pelayanan dokumen konsuler/imigrasi atau bantuan kepada anda bila dibutuhkan. Informasikan pula kepada Perwakilan tempat anda terdaftar bila anda pindah alamat, pindah ke Negara lain, atau pindah ke Indonesia.

 

      A.REGISTRASI DIRI BAGI PEMEGANG PASPOR BIASA

     Dokumen yang dibutuhkan untuk melaporkan diri di KJRI Frankfurt:

  1. Paspor asli
  2. Formulir lapor diri (download lapor diri) yang telah diisi lengkap dan ditandatangani pemohon
  3. 2 (dua) lembar pasfoto terbaru (maksimal 3 bulan) ukuran 4x6 dengan latar belakang bebas
  4. fotokopi visa dan/atau izin tinggal (Aufenthaltsbescheinigung/ Aufenthaltstitel) di Jerman yang masih berlaku (izin tinggal asli diperlihatkan kepada petugas)
  5. Fotokopi halaman-halaman paspor yang berisi data diri, tanda tangan pejabat dan halaman lain yang telah digunakan
  6. Fotokopi surat registrasi tempat tinggal (Meldebestätigung)
  7. Fotokopi Akta Kelahiran (Geburtsurkunde)
  8. Fotokopi Akta Perkawinan (Heiratsurkunde) atau Buku Nikah bagi yang sudah menikah
  9. Fotokopi surat/akta perceraian bagi yang telah bercerai
  10. Fotokopi surat keterangan/kartu pelajar/mahasiswa (Studentenbescheinigung) dari Universitas/Sekolah bagi mahasiswa/pelajar yang belajar
  11. Fotokopi Surat Keterangan Bekerja (Artbeitsbescheinigung) bagi yang bekerja
  12. Fotokopi Surat Keterangan Pindah ke Luar negeri (bila ada)
  13. Bila registrasi diri yang telah jadi akan dikirimkan kembali melalui pos, harap sertakan amplop balasan beralamat lengkap dan perangko secukupnya (sebaiknya tercatat)

    Lapor/Registrasi Diri di KJRI Frankfurt tidak dikenakan biaya dan dapat dilakukan dengan menyerahkan dokumen secara langsung atau mengirimkannya melalui jasa pos ke Bidang Konsuler KJRI Frankfurt. Apabila anda menggunakan jasa pos sebaiknya selalu dalam bentuk Pos Tercatat (Einschreiben). KJRI Frankfurt tidak bertanggung jwab terhadap dokumen dalam proses pengiriman.


      B.REGISTRASI DIRI BAGI PEMEGANG PASPOR DINAS

      Dokumen yang dibutuhkan untuk melaporkan diri di KJRI Frankfurt:

  1. Paspor Dinas Asli
  2. Formulir lapor diri (download lapor diri​) yang telah diisi lengkap dan ditandatangani pemohon
  3. 2 (dua) lembar pasfoto terbaru (m​aksimal 3 bulan) ukuran 4x6 dengan latar belakang bebas
  4. fotokopi visa dan/atau izin tinggal (Aufenthaltsbescheinigung/ Aufenthaltstitel) di Jerman yang masih berlaku (izin tinggal asli diperlihatkan kepada petugas)
  5. Fotokopi urat keterangan tugas dari Kementerian Sekretariat Negara RI
  6. Fotokopi surat keterangan tugas dari Instansi asal.
  7. Fotokopi surat registrasi tempat tinggal (Meldebestätigung)
  8. Fotokopi surat keterangan/kartu pelajar/mahasiswa (Studentenbescheinigung) dari Universitas/Sekolah bagi mahasiswa/pelajar yang belajar
  9. Fotokopi Akta Kelahiran (Geburtsurkunde)
  10. Fotokopi Akta Perkawinan (Heiratsurkunde) atau Buku Nikah bagi yang sudah menikah
  11. Fotokopi surat/akta perceraian bagi yang telah bercerai
  12. Fotokopi halaman-halaman paspor yang berisi data diri, tanda tangan pejabat dan halaman lain yang telah digunakan
  13. Fotokopi Surat Keterangan Bekerja (Artbeitsbescheinigung) bagi yang bekerja
  14. Fotokopi Surat Keterangan Pindah ke Luar negeri (bila ada)
  15. Bila registrasi diri yang telah jadi akan dikirimkan kembali melalui pos, harap sertakan amplop balasan beralamat lengkap dan perangko secukupnya (sebaiknya tercatat)

    Lapor/Registrasi Diri di KJRI Frankfurt tidak dikenakan biaya dan dapat dilakukan dengan menyerahkan dokumen secara langsung atau mengirimkannya melalui jasa pos ke Bidang Konsuler KJRI Frankfurt. Apabila anda menggunakan jasa pos sebaiknya selalu dalam bentuk Pos Tercatat (Einschreiben). KJRI Frankfurt tidak bertanggung jab terhadap dokumen dalam proses pengiriman.

     C.REGISTRASI DIRI SEMENTARA

    Bagi mereka yang berkunjung ke Jerman tidak untuk menetap (misalnya untuk tujuan wisata, pelatihan, kursus, atau kunjungan lainnya yang tanpa perlu mendaftar pada pemerintah lokal di Jerman) maka pemberitahuan keberadaannya di wilayah kerja KJRI Frankfurt dapat dilakukan dengan datang langsung ke kJRI Frankfurt atau melalui Jasa Pos.

    Dokumen yang dibutuhkan untuk melaporkan diri sementara di KJRI Frankfurt:
  1. Paspor Asli
  2. Formulir Lapor Diri yang telah diisi lengkap dan ditandatangani pemohon
  3. Fotokopi surat/dokumen yang mendukung tujuan kedatangan ke Jerman (misalnya: tiket, undangan, reservasi tempat tinggal, dan sebagainya)
  4. Bila registrasi diri yang telah jadi akan dikirimkan kembali melalui pos, harap sertakan amplop balasan beralamat lengkap dan perangko secukupnya (sebaiknya tercatat)

    Lapor/Registrasi Diri di KJRI Frankfurt tidak dikenakan biaya dan dapat dilakukan dengan menyerahkan dokumen secara langsung atau mengirimkannya melalui jasa pos ke Bidang Konsuler KJRI Frankfurt. Apabila anda menggunakan jasa pos sebaiknya selalu dalam bentuk Pos Tercatat (Einschreiben). KJRI Frankfurt tidak bertanggung jawab terhadap dokumen dalam proses pengiriman.