Pasar Seni Indonesia di Giessen

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Perhimpunan Pelajar Indonesia di gießen (PPI Gießen) bekerja sama dengan KJRI Frankfurt dengan bangga mempersembahkan Malam Indonesia dengan Thema ‚Pasar Seni‘ pada tanggal 26 Mei 2012, di Aula Studentwerk, Eichendorrfring, Gießen. Acara malam Budaya Indonesia ini diselenggarakan oleh seluruh Pelajar dan Warga Indonesia di Gießen, Marburg, Wetzlar dan sekitarnya yang tergabung dalam satu badan kemahasiswaan PPI Gießen.

Tujuan dibentuknya Malam Indonesia ,Pasar Seni‘ ini adalah memperkenalkan dan membawa lebih dekat budaya dan kesenian Indonesia yang beraneka ragam kepada masyarakat Jerman di Gießen dan mewujudkan PPI gießen sebagai forum Komunikasi, Pengembangan Wawasan, Persatuan dan Persahabatan antar bangsa, terutama antara Pelajar Indonesia dengan masyarakat Jerman dan Internasional di Gießen dalam segala aspek terutama dalam aspek Kesenian, Sosial dan Budaya.

Harapan dan Kerinduan Pelajar Indonesia sejak masa Persiapan dan Berlangsungnya acara Malam Indonesia ini akhirnya dapat terpuaskan dengan hadirnya sekitar 150 orang Pengunjung yang sebagian besar adalah masyarakat Jerman dan Internasional di gießen. Acara dimulai dengan Lagu Indonesia Pusaka yang ditampilkan oleh Tim Musik PPI Gießen dan kata pembukaan oleh MC Suci Pujiastuti dan Katharina Common dan dilanjutkan oleh kata Sambutan oleh Ketua PPI Gießen I Putu Widhi Yuda Yadnya. Menambah rasa bangga Pelajar Indonesia di Gießen adalah dengan hadirnya Prof. Dr. Ulrich Scholz. Beliau adalah Professor di Institut Geografi, Bidang Antrophogeografi Negara Tropis dan Berkembang dan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Indonesia melalui Hasil Penelitan Beliau di berbagai daerah di Indonesia. Prof. Dr. Ulrich Scholz menyampaikan presentasi mengenai Susunan Masyarakat di berbagai Daerah di Indonesia dan Keindahan Alam dan Budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Beliau juga menambahkan bahwa Indonesia merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikaji dan diteliti dalam berbagai Aspek. Acara dilanjutkan dengan pertunjukkan Tari Saman PPI Gießen, Tari Cendrawasih (Bali) oleh Jezy Gusti dan Ibu Ketut Sri Artini, Permainan Angklung PPI Gießen aransemen Bapak Bambang Utomo, Albert Sugiarto, Novita Dewi dan Bayuwega Madyasta, permainan String Quartet PPI Gießen aransamen Sarah Bryna Grace, Tari Jawa oleh Ibu Triem Meyer, Tari Topeng Cirebon oleh Kikie Rizkiyah, Joged Bumbung oleh Ibu Mimi Arminingsih Paul dan ditutup oleh Lagu ,Rumah Kita‘ yang dibawakan oleh Roberto Utomo dan Michael Prasetya Widjaja.

Selain itu tujuan diadakannya Malam Indonesia ini adalah untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung program HOME, sebuah lembaga non profit yang bergerak di bidang sosial khususnya dalam membantu anak anak jalanan di Cilincing, Jakarta Utara untuk mendapatkan taraf hidup dan pendidikan yang lebih baik.

Para Hadirin dan Undangan juga dimanjakan dengan berbagai macam hidangan khas Indonesia yang telah dipersiapkan oleh Tim Pelajar dan Warga Indonesia di gießen dan sekitarnya yang dikoordinir oleh Yudy Tjahjono dan diiringi dengan Musik dan Lagu Daerah Indonesia saat santap malam.

Akhir kata, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada KJRI Frankfurt, Lokal International, Studentenwerk gießen dan segenap Pelajar dan Warga Indonesia di gießen dan sekitarnya yang telah membantu mensukseskan acara Malam Indonesia ,Pasar Seni‘ ini.

Diharapkan kedepannya, Pelajar Indonesia di Gießen dan KJRI Frankfurt dapat melanjutkan kerja sama dan saling mendukung untuk program pengenalan Budaya dan Seni Indonesia dan Persahabatan antara Pelajar Indonesia dengan Masyarakat Jerman dan Internasional melalui Malam Indonesia yang berikutnya.

PPI Giessen