Partisipasi Peserta Indonesia di Pameran ISH 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pameran ISH yang merupakan salah satu pameran terbesar di bidang sanitasi, bangunan, serta  energi terbarukan telah berlangsung di Messe Frankfurt pada  12-16 Maret 2013. Pameran yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun tersebut diikuti oleh 2,300 eksibitor dari seluruh dunia, dengan luas area pameran sebesar 250,000 m2.


Terdapat 1 (satu) perusahaan asal Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran ini, yaitu: PT Dharma Bati Bali dengan booth seluas 82,5 m2, yang terletak di Hall 4.2 Stand C.05. Perusahaan yang berlokasi di Sidoarjo ini menampilkan produk antara lain berupa: bak mandi, shower trays, basins & bidets, furnitur kamar mandi maupun cermin. Bahan baku dari produk tersebut antara lain berasal dari batu alam, bambu maupun kayu asal Indonesia. Terkait produk yang tebuat kayu, perusahaan ini telah memperoleh sertifikasi dari Forest Stewardship Council (FSC) sehingga tidak bermasalah bagi konsumen Eropa.


Dalam rangka memberikan dukungan kepada peserta asal Indonesia, KJRI Frankfurt telah mengadakan kunjungan ke stand peserta Indonesia guna berinteraksi dan berdialog mengenai keikutsertaan di pameran tersebut serta memberikan bantuan yang diperlukan. Dalam dialog, peserta menyatakan bahwa partisipasi dalam pameran tersebut sangat bermanfaat dalam membangun maupun mempertahankan jaringan dengan para buyer dari seluruh dunia yang menghadiri dimaksud. Namun demikian, salah satu hambatan yang kerap dialami ialah terkait dengan penjiplakan terhadap desain-desain produknya. Untuk mengatasinya, perusahaan ini berupaya terus melalukan inovasi agar produknya tidak mudah ditiru oleh para pesaing.