Pameran Produk Pangan Organik di Nürnberg

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pameran Biofach 2013 telah berlangsung di Messe Nürnberg pada 13-16 Februari 2013. Fokus dari pameran ini adalah produk pangan organik. Tahun merupakan ke-24 kalinya penyelenggaraan pemeran dimaksud, dengan luas area pameran sebesar 42.500 m2 dan diikuti oleh 2.396 eksibitor dari 86 negara.  Sekitar 70% eksibitor merupakan peserta internasional, dan Romania pada tahun ini sebagai country partner. Paralel dengan penyelenggaraan pameran tersebut juga diselenggarakan pameran produk kosmetik organik, yaitu Vivaness 2013.


Paviliun Indonesia yang difasilitasi oleh Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian terletak di Hall 4A-140 dengan luas 30 m2. Partisipasi Kementan dalam pameran ini merupakan yang ketiga kalinya, dengan luas stand yang terus mengalami pertambahan dari sebelumnya 21 m2 (2011) dan 24 m2 (2012).  Terdapat 4 (empat) co-eksibitor dalam paviliun Indonesia, yaitu: Aliansi Organik Indonesia, Aliet Green, Apo Komasa dan PT. Profil Mitra Abadi. Selain itu terdapat observer yang terdiri dari Bupati Kabupaten Indra Giri Hilir, Propinsi Riau dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Propinsi Sulawesi Utara beserta rombongannya masing-masing. Produk-produk organik yang ditampilkan oleh peserta asal Indonesia ini antara lain adalah: gula palem, gula sagu, gula kelapa, minyak kelapa, kacang mete, pala, kayu manis, dan sebagainya.


Paviliun Indonesia dibuka secara resmi oleh Konjen RI Frankfurt pada 13 Februari 2013. Sebagai bagian dari acara tersebut juga dilakukan pertunjukan tarian tradisional Indonesia, yaitu Tari Merak. Dalam rangka memberikan dukungan kepada para peserta, juga telah diadakan kunjungan ke masing-masing booth para peserta Indonesia guna berinteraksi dan berdialog mengenai keikutsertaan di pameran tersebut serta membarikan bantuan yang diperlukan. Selain itu diadakan pula jamuan makan oleh Konjen RI Frankfurt yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sangihe, pihak Kementan, para peserta serta perwakilan Indonesia untuk Deutsche Messe AG.



Pameran Biofach dapat dimanfaatkan antara lain sebagai sarana pertemuan antara customer dan supplier, untuk image building karena dihadiri oleh media dari 36 negara, serta sumber informasi dan berdiskusi dengan berbagai stakeholders, seperti asosiasi, NGO dan para pengambil keputusan di bidang produk organik dari seluruh dunia.


Dalam dialog dengan KJRI, para peserta umumnya menyampaikan bahwa keikutsertaan dalam pameran ini sangat membantu dalam membina hubungan baik dengan para buyer sehingga produknya dapat terus dikenal. Oleh karena itu, para peserta memandang bahwa partisipasi dalam pameran ini sangat penting untuk terus dilakukan secara kontinu pada tahun-tahun mendatang. (Fungsi Ekonomi KJRI Frankfurt)


?