Sales Mission Kepariwisataan “Bali and Beyond 2016”

KJRI Frankfurt bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI dan  Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung, Provinsi Bali, telah menyelenggarakan kegiatan Sales Mission Kepariwisataan "Bali and Beyond 2016" pada tanggal 3 Maret 2016 di Frankfurt.

Kegiatan promosi wisata di Bali dan daerah lainnya di Indonesia merupakan pertemuan  business-to-business (B-to-B) antara 16 (enam belas) industri kepariwisataan Indonesia dengan 90 (sembilan puluh) travel agent dan tour operator kota Frankfurt dan sekitarnya dalam format table top meeting. Dalam format tersebut pihak industri Indonesia secara langsung mempresentasikan produk-produk kepariwisataan kepada para pelaku usaha kepariwisataan Jerman.

Acara dimeriahkan dengan persembahan tari "Sekar Jagat" dari Bali dan "Bajidor Kahot" dari Jawa Barat yang sangat menarik perhatian para undangan, penarikan door prize dengan hadiah utama tiket penerbangan ke Bali serta jamuan makan malam.

Dalam sambutan pembukaannya, Konsul Jenderal RI Frankfurt, Wahyu Hersetiati menyampaikan berbagai kebijakan Pemerintah dalam rangka meningkatkan laju wisatawan asing, termasuk dari Jerman, antara lain diterapkannya kebijakan bebas visa, dan diitensifkannya program-program promosi baik dengan kampanye melalui media, partisipasi dalam pameran internasional, family trip, maupun kegiatan sales mission yang bersifat B-to-B yang diharapkan dapat secara efektif dapat meningkatkan jumlah wisatawan Jerman ke Indonesia.

Acara telah berlangsung dengan baik di mana industri kepariwisataan Indonesia berinteraksi secara langsung dengan tour operator Jerman dalam rangka menjalin kesepakatan bisnis memasarkan produk-produk unggulan wisata Indonesia.

Acara Sales Mission merupakan bagian dari upaya KJRI Frankfurt dalam mendukung promosi pariwisata Indonesia di Jerman sebagai salah satu target market wisatawan manca negara. Dalam kaitan ini, KJRI Frankfurt setiap tahunnya berupaya menyelenggarakan kegiatan promosi pariwisata baik secara mandiri maupun melalui partisipasi dalam suatu pameran atau event budaya/pariwisata yang diselenggarakan di kota Frankfurt dan sekitarnya di seluruh 6 (enam) negara bagian Republik Federal Jerman.  (Negara Bagian Baden-Württemberg, Bayern, Hessen, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Pfalz dan Saarland).

Upaya bersama para pemangku kepentingan dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di Jerman terbukti menunjukkan hasil antara lain dengan peningkatan jumlah wisatawan asal Jerman pada tahun 2015 sebesar 6,5 persen dari tahun sebelumnya dengan jumlah wisatawan mencapai 181.109 orang.

Frankfurt, 4 Maret 2016​