Kiprah Indonesia di Frankfurt Museumuferfest 2015

Pada tanggal 28 – 30 Agustus 2015 telah dilaksanakanMuseumsuferfest Frankfurt 2015 (Festival Tepi Sungai Frankfurt). Dalam kesempatan ini, Indonesia yang menjadi Tamu Kehormatan pada penyelenggaraanFrankfurt Book Fair 2015, secara otomatis menjadi Tamu Kehormatan Museumuferfest ini.

Indonesia hadir dengan panggung besar untuk penampilan seni budaya dan 13 tenda yang diisi kuliner serta tenda promosi. KJRI Frankfurt yang berkesempatan untuk mengisi satu tenda juga turut menggunakan kesempatan untuk memberikan informasi mengenai destinasi pariwisata Indonesia dan informasi visa; display berbagai barang kerajinan tangan Indonesia dan sample produk makanan dan minuman, bumbu-bumbu dapur, dsbnya.
Sementara itu, di panggung seni budaya telah ditampilkan berbagai artis Indonesia seperti Dwiki Dharmawan & Polish Friends; Kua Etnika; Barong Gandrung Banyuwangi; Dira Sugandi; J-Flow; DJ Cream; Bonita and the Husband, serta beberapa tampilan suguhan diaspora Indonesia termasuk grup angklung KJRI Frankfurt. Kehadiran berbagai seniman Indonesia ini dikoordinir langsung oleh Ketua Komite Nasional Goenawan Mohamad dan Ketua Komite Pertunjukan, Pameran dan Seminar, Slamet Rahardjo. Penampilan panggung Indonesia ini menyuguhkan konsep Indonesia tradisional hingga Indonesia modern.
Pembukaan secara resmi acara Museumsuferfest 2015 dilaksanakan di panggung Indonesia oleh Walikota Frankfurt Peter Feldmann dan Dubes RI untuk Jerman, Bapak Fauzi Bowo, yang didampingi oleh Konjen RI Frankfurt, Ibu Wahyu Hersetiati. Dalam kesempatan tersebut Walikota Frankfurt memuji semboyan nasional Indonesia ‘Bhinneka Tunggal Ika’ yang merefleksikan multikulturalisme Indonesia sebagaimana juga tercermin dalam demografi penduduk masyarakat kota Frankfurt yang terdiri dari berbagai macam latar belakang budaya. Setelah acara pembukaan kesempatan digunakan untuk memperkenalkan Walikota Frankfurt dengan kuliner Indonesia dari tenda Spice it Up (Nasi Goreng dan Sate Ayam).
Sementara itu, penutupan Museumsuferfest 2015 pada tanggal 30 Agustus pukul 23.00 juga dipusatkan di sungai di dekat tenda Indonesia dengan pertunjukan kembang api yang diiringi berbagai lagu Indonesia. Sebelum acara kembang api dilaksanakan, melalui pengeras suara yang dipasang sepanjang sungai tempat penyelenggaraan festival, pihak penyelenggara Tourismus Gmbh menyampaikan ucapan terima kasih kota Frankfurt kepada Indonesia yang menjadi tamu kehormatan festival. Hal mana membawa kebanggaan bagi delegasi maupun diaspora Indonesia yang menghadari acara penutupan tersebut.
 
Salah satu festival terbesar di kawasan Eropa ini telah berhasil menarik sejumlah 2,3 juta pengunjung. Festival diikuti oleh 23 Museum di Frankfurt, dan kota Frankfurt telah mendirikan ratusan tenda dan 19 panggung di sepanjang tepi sungai Main. Indonesia yang menjadi Tamu Kehormatan festival ini telah berhasil mengangkat nama Indonesia di kota Frankfurt yang tercermin dari jumlah pengunjung yang hadir di panggung dan tenda serta dari berbagai pemberitaan media elektronik maupun media cetak setempat.
 
Keturutsertaan dalam Festival ini merupakan langkah awal dalam rangka mensukseskan berbagai program Indonesia sampai pada penyelenggaraan Frankfurt Book Fair 2015 mendatang.