Pidato CIDA Kepala BPPK

6/18/2008

 

Yang terhormat Bapak Duta Besar Imron Cotan, Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri,

Yang terhormat senior kami, para Duta Besar selaku narasumber Pelatihan,

Yang terhormat para pejabat eselon I dan eselon II di lingkungan Departemen Luar Negeri,

Mr. William Cowie , CIDA Consultant,

Peserta program Pelatihan.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua,

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, bahwa berkat rahmat dan karunia-Nyalah kita dapat berkumpul pada sore hari ini untuk meresmikan penyelenggaraan pelatihan untuk para pengkaji kebijakan dan politik luar negeri. Perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Jenderal atas kesediaannya untuk menyampaikan paparan kunci dan sekaligus meresmikan pembukaan kegiatan pelatihan ini. Ungkapan terima kasih juga kami sampaikan kepada para undangan yang telah bersedia untuk hadir bersama kami. Khusus kepada para senior kami, kami mengucapkan terima kasih sekaligus merasa mendapat kehormatan atas kesediaan beliau-beliau untuk menjadi narasumber pada program pelatihan ini.

Program pelatihan untuk para pejabat BPPK yang berjudul “Strengthening Good Governance : Indonesia Foreign Policy Analysis and Development” ini bermuara pada harapan Bapak Menteri Luar Negeri yang disampaikan pada pelantikan kami sekitar satu tahun yang lalu, dimana beliau a.l. menyampaikan bahwa tugas BPPK adalah untuk mengkaji kebijakan yang sedang berlangsung dan sekaligus mengkaji opsi rekomendasi kebijakan yang strategis, jauh ke depan atau forward looking dan applicable. Untuk itu dibutuhkan SDM yang memiliki mindset yang strategik dan akademik.

Kami sepenuhnya memahami bahwa tantangan yang dihadapi dalam menjalankan pekerjaan di Departemen Luar Negeri semakin berat. Perkembangan yang terjadi di tingkat global semakin sulit untuk diprediksi, sementara dinamika regional dan bilateral bergerak dengan cepat. Oleh karena itu, kami senantiasa mencoba untuk mencari suatu solusi, untuk dapat melakukan pekerjaan yang efektif ditengah situasi dunia yang semakin kompleks tersebut.

Dalam rangka menterjemahkan harapan Pimpinan dan menjawab tantangan tersebut, maka pada saat melakukan Policy Planning Consultations dengan pihak Kemlu Kanada di Ottawa pada bulan Juni tahun lalu, kami mendapat kesempatan untuk bertemu dengan pihak Canadian International Development Agency atau CIDA. Dalam pertemuan tersebut kami mengusulkan kemungkinan kerjasama untuk diadakannya suatu pelatihan untuk policy planners bagi para diplomat di lingkungan BPPK. Setelah beberapa waktu berjalan, maka akhirnya usulan kami disetujui dan pada bulan Maret yang lalu, CIDA telah menunjuk Mr. William Cowie sebagai konsultan dan bersama dengan BPPK telah mendesain program pelatihan tersebut.

Bapak/Ibu serta para hadirin yang kami hormati,

Program pelatihan ini akan berlangsung mulai hari ini, tanggal 18 Juni hingga 29 Juli 2008. Selama kurang lebih 6 minggu, kami akan dibekali antara lain dengan peningkatan kemampuan dan pemahaman mengenai tahapan atau proses pengkajian kebijakan, perolehan sumber data dan informasi yang terpercaya serta kemampuan dalam pengolahan data dan menuangkannya dalam suatu kebijakan yang dapat dilaksanakan. Kami menyadari juga bahwa tugas sehari-hari di BPPK tetap harus berjalan. Oleh sebab itu, kehadiran para pejabat BPPK selama pelatihan ini akan dilakukan secara bergilir.

Perlu kami sampaikan bahwa beberapa ahli dari Indonesia maupun Kanada dan beberapa mantan Duta Besar dari Indonesia juga akan berperan sebagai narasumber bersama-sama dengan para konsultan yang berasal dari Kanada.

Pelatihan ini merupakan investasi SDM yang bernilai sangat baik bagi policy planners. Kami menyadari bahwa kesempatan pelatihan ini belum tentu akan berulang di masa yang akan datang. Oleh karena itu, kepada para peserta kami menaruh harapan agar suatu saat nanti, setelah kembali dari penugasannya di luar negeri, dapat kembali bergabung dan meneruskan keterampilan yang dimiliki pada BPPK. Hal ini tiada lain adalah untuk menjamin suatu kesinambungan (sustainability) bagi upaya mewujudkan dan mengukuhkan BPPK sebagai satu-satunya unit pengkajian kebijakan di Deplu sesuai harapan Bapak Menteri Luar Negeri.

Kepada Sekjen dan para undangan,kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, dan mohon doa restu agar kami dapat memanfaatkan pelatihan dengan sebaik mungkin. Sebelum mengakhiri sambutan ini izinkanlah kami untuk menyampaikan beberapa patah kata dalam bahasa Inggris kepada tamu kami dari Kanada:

Mr. William Cowie, CIDA Consultant ,

First of all, I would like to welcome you, Mr. Cowie, and to thank you for the time and effort you have put into preparations for our training program entitled “Strengthening Good Governance: Indonesian Foreign Policy Analysis and Development”. We, at BPPK are also grateful that Ambassador Imron Cotan, the Secretary General of the Department of Foreign Affairs and other guests are with us to officially commence the training program.

As we have thoroughly discussed during your assessment here in Jakarta last March, the training that we are going to have for the next few weeks, is based among others on the expectation from the Minister of Foreign Affairs of Indonesia for foreign service officers to be more professional and to continue to enhance their skills in order to cope with a more complex world. Therefore, I hope that this training program would further improve our skills in processing foreign policy recomendations with a forward looking and strategic outlook. Bearing in mind the importance of this training, I trust that the participants following this training will give their undivided attention.

Once again thank you, Mr. Bill Cowie the CIDA consultant for your time and effort. Our thanks also goes the Canadian Embassy for helping us out in the process. Last but not least, a big thank you to CIDA for giving us the opportunity to maximize our efforts in becoming better policy planners, God Willing, Insya Allah. Thank you. Terima kasih.