Pesta Rakyat dalam rangka Sosialisasi Program Pemulangan WNI overstayers (WNIO) dan TKI undocumented (TKIU)

KJRI Dubai telah melaksanakan sosialisasi Program Pemulangan WNIO dan TKIU di KJRI Dubai pada tanggal 30 Oktober 2015 yang dikemas dalam acara Pesta Rakyat dan Bazaar.

 

Sebagaimana sosialisasi melalui kejuaraan futsal yang telah diselenggarakan sebelumnya, sosialisasi kali ini juga dibuat dalam tema peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-70. KJRI Dubai kembali menggunakan tag line "Ayo Kejar Awal Baru di Indonesia" yang akan terus digunakan untuk seluruh program pemulangan WNIO/TKIU yang dilakukan oleh KJRI Dubai. KJRI juga kembali mengusung tema sosialisasi "Ayo Kejar Awal Baru di Indonesia: Dengan Semangat 70 Tahun Indonesia Merdeka, Mari Sukseskan Program Pulang Ke Tanah Air Bagi WNI Tanpa Izin Tinggal dan Tanpa Dokumen".

 

Acara sosialisasi diselenggarakan dari pukul 15.00 waktu setempat hingga pukul 23.00 dan dihadiri oleh lebih 1.500 WNI yang berdatangan silih berganti dari sore hingga malam harinya. Sebagian dari mereka diketahui sebagai WNIO/TKIU dan diantara mereka ada yang mendaftarkan diri langsung di meja informasi dan pendaftaran yang disediakan oleh panitia. Untuk menyebarluaskan informasi program repatriasi, KJRI membagikan flyer kepada para pengunjung dan sepanjang acara MC yang bertugas tidak luput "mengiklankan" peluang program repatriasi. Secara khusus, Konjen RI Dubai memberikan sambutan yang juga mengangkat keutamaan program repatriasi yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk 2015, yang kemudian dilanjutkan oleh penjelasan teknis dari Pelaksana Fungsi Konsuler.

 

Untuk menarik pengunjung, acara diisi dengan perlombaan tarik tambang, balap karung, game anak-anak, pertunjukan musik dari sejumlah grup musik masyarakat Indonesia dari berbagai aliran musik (dangdut, pop dan rock), pembacaan puisi, pengundian door-prize, serta penyerahan piala-piala bagi para pemenang lomba-lomba dalam rangka HUT RI ke-70 yang telah diselenggarakan sejak bulan Agustus. Di sepanjang acara, para pengunjung dapat menikmati berbagai produk yang dijual oleh masyarakat Indonesia yang berpartisipasi dalam bazaar, mulai dari makanan dan minuman khas Indonesia, hingga pakaian dan bumbu-bumbu Indonesia. Antusiasme para pengunjung cukup terasa dan dapat terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang bertahan untuk menikmati hiburan dan jajanan yang ada mulai sore hingga acara berakhir pukul 23.00.

 

Menurut penilaian KJRI, acara sosialisasi tersebut cukup berhasil, selain terlihat dari jumlah pengunjung yang cukup signifikan, maupun dari jumlah peminat yang mendaftar hingga selesainya acara sosialisasi pada 30 Oktober 2015 yang tercatat telah menembus angka 299 orang.