SLANK PANASKAN DUBAI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Meski suhu udara di Dubai dan sekitarnya sagat terik karena memasuki musim panas, hal tersebut tidak menyurutkan semangat ribuan masyarakat Indonesia di Dubai dan sekitarnya untuk menyaksikan penampilan SLANK, Jumat malam, 11 Juni di Le Meridien Hotel, Dubai-UAE.  Para slankers lokal berdatangan dari berbagai penjuru UAE termasuk sejumlah ekspatriat asing.  

Kehadiran grup band Slank yang dimotori Bimbim dan Kaka di Dubai menjadi acara utama dari perhelatan yang digelar “Ketoprak Art & Events”, sebuah kelompok kemasyarakatan warga Indonesia di Dubai yang ingin menyalurkan bakat dan hobinya dalam bidang musik dan seni dibawah binaan KJRI Dubai.

Pagelaran seni dan budaya yang akan mengambil tema “Untukmu Indonesiaku, Peduli Sumatera” bertujuan selain untuk menghibur masyarakat Indonesia di Dubai dan sekitarnya, juga untuk penggalangan dana bagi korban bencana alam di Sumatera.

Menjelang penampilan SLANK yang menjadi pemuncak acara, beberapa grup musik lokal seperti Ketoprak Dangdut, Ketoprak Band, Kroak Band, Harbour Band ikut menghibur pengunjung. Tak hanya musik, Batik Fashion Show (Susi Qori Collection), Tarian Tradisional dari Sumatera Barat yang dibawakan oleh anak-anak maupun ibu-ibu masyarakat Indonesia  dan beberapa Tarian Bali (Putri) juga mampu menarik perhatian para penonton. Acara yang sangat meriah tsb juga dihadiri oleh Dubes RI Abu Dhabi Muhammad Wahid Supriadi dan Konjen RI Dubai Mansyur Pangeran.

"Lagu-lagu Slank yang sarat akan pesan perdamaian, kritik sosial, anti korupsi, anti narkoba dan ajak untuk pantang mundur dan kerja keras bagi kalangan muda diharapkan dapat diambil maknanya oleh warga masyarakat Indonesia yang berada di Dubai dan sekitarnya” demikian Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran pada saat menyampaikan sambutan di awal acara. Selain menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Ketoprak Arts & Events dan kepada Group Band Slank yang telah berkenan datang ke Dubai untuk menghibur masyarakat Indonesia di Dubai dan sekitarnya, Konjen Mansyur juga mengajak seluruh warga Indonesia yang sebagian besar adalah para pekerja untuk terus bekerja dengan baik sesuai dengan profesinya masing-masing, menjadi warganegara Indonesia yang baik dengan mentaati seluruh peraturan hukum setempat dan selalu tetap menjaga citra positif bangsa Indonesia di negeri UAE ini.

Para pengunjung yang sudah berdatangan dari sejak siang dan sore hari, betul-betul terpuaskan saat SLANK tampil di panggung. SLANK yang dikenal akan kepekaan sosialnya yang tinggi cukup kagum melihat kerumunan penonton seperti layaknya saat pertunjukan mereka di tanah air. Para Slankers lokal tersebut tidak hanya bergoyang tetapi juga mampu mengikuti bait demi bait semua lirik tembang Slank. Tak kurang dari sepuluh lagu dari berbagai album hit SLANK dibawakan tanpa jeda antara lain Mars Slankers, Virus, Tong Kosong, Gara-gara Kamu, Ketinggalan Jaman, Mawar Merah, Terlalu Manis, Ku Tak Bisa, Pandangan Pertama dan  Jurus Tandur/Garuda Pancasila. Beberapa kali sejumlah slankers lokal yang hanyut emosional mencoba melompat ke atas panggung untuk bergoyang dengan penyanyi pujaannya langsung diblokir oleh barisan petugas  pengamanan pangggung yang jumlahnya tak kurang dari 30 orang. Suasana semakin hanyut dalam lirik-lirik lagu dan suara khas vocalist Kaka setelah Kaka mengajak beberapa fansnya untuk ikut ke atas panggung.

Sehari sebelumnya, SLANK mampir di KJRI Dubai di kawasan Al Hudaiba Bur Dubai dan menggelar jumpa penggemar dengan sebagian anggota masyarakat sekaligus mengadakan pertunjukan unplugged.

“Kita sudah beberapa kali tampil di luar negeri, tapi baru kali ini di KJRI Dubai ini penonton kita hampir semuanya wanita” ujar Kaka, vocalist Slank saat melihat sebagian besar undangan yang memang wanita dan terlebih setelah para Nakerwan bermasalah yang berada di penampungan sementara KJRI Dubai ikut juga menonton. Kepada para Nakerwan tersebut, Kaka berpesan untuk jangan berkecil hati dan teruslah bekerja dengan baik.

Setelah pentas di Dubai, Slank dan crew keesokan harinya akan melihat kota Abu Dhabi dan akan mengadakan pertemuan / pertunjukan unplugged dengan para slankers di Wisma Duta KBRI Abu Dhabi.

 

 

                                                         Dubai, 12 Juni 2010