EMIR AJMAN (NORTHERN EMIRATES) TERIMA KONJEN RI DUBAI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 4 Oktober 2010 bertempat di Kantor Dewan Amiri/Kepresidenan, Emir Ajman (Northern Emirates) Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi menerima Konsul Jenderal RI Dubai Mansyur Pangeran. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka Kunjungan Kehormatan kepada Emir Ajman yang merupakan salah satu dari 5 wilayah Keemiran yang dirangkap oleh Konsul Jenderal RI Dubai  di bagian utara PEA. Hadir pada pertemuan tsb Shaikh Dr, Majid Bin Saeed Al Nuaimi, Ketua Dewan Amiri Kantor Emir Ajman dan Shaikh Rashid Al Nuaimi, Direktur Dewan Amiri Kantor Emir Ajman serta pejabat tinggi lainnya. Sementara Konjen RI tanpa didampingi Pejabat dari KJRI.

Dalam pertemuan tersebut Konjen Mansyur Pangeran menyampaikan salam hangat Bapak Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Dr. R.M. Marty Natalegawa kepada Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi, sekaligus memperkenalkan diri sehubungan  dengan  penugasan sebagai Konjen RI yang baru di untuk Dubai dan Northern Emirates termasuk Ajman. Emir Ajman Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi menyambut baik kedatangan Konjen RI yang baru dan  mengharapkan agar dapat melaksanakan tugas barunya dengan baik.

Pada kesempatan itu, kedua pihak telah membahas pentingnya peningkatan kerjasama bilateral  antara Keemiran Ajman dan Indonesia khususnya di sektor ekonomi, perdagangan investasi dan budaya. Kepada Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi Konjen Mansyur Pangeran menyatakan  bahwa peluang peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua pihak terbuka lebar seperti sejumlah barang-barang produksi Indonesia sudah banyak beredar di Ajman dan masih dapat ditingkatkan jumlahnya. Di sektor tenaga kerja, Indonesia dapat mengirim tenaga kerja perawat dan pekerja kapal.   

Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi sangat antusias mendengarkan penjelasan Konjen mengenai produk-produk unggulan Indonesia antara lain di bidang pertambangan : minyak bumi dan gas, emas, alumanium, batubara, biji besi, tembaga dan timah; sektor kelautan antara lain : ikan tuna, udang; produk pertanian seperti : karet, kayu, kelapa sawit, rotan, cocoa, teh, kopi, rempah-rampah, buah-buahan segar; berbagai produk komoditi lainnya seperti tekstil, garmen, serta produk hasil olahan miliputi produk bahan makanan, alat-alat kecantikan, kertas, furniture, ban, alas kaki dan lainnya. Selain itu, battery mobil, barang listrik, elektronik, sampai dengan produksi kendaraan kijang inovayang sudah beredar di Ajman dan seluruh PEA. Selanjutnya, dijelaskan pula bahwa Indonesia mempunyai potensi geothermal salah satu terbesar di dunia yang belum seluruhnya dieksplor dan potensi pariwisata yang cukup menjanjikan untuk berinvestasi.

Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi akhirnya menjanjikan akan memberikan bantuannya kepada konjen RI yang baru dalam upaya memperlancar tugas-tugas sebagai Konjen RI yang baru khususnya dalam upaya meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan, investasi dan budaya kedua Negara. Shaikh Humaid Bin Rashid Al Nuaimi yang pernah beberapa kali mengunjungi negara - negara Asia menyatakan berkeinginan suatu saat untuk mengunjungi Indonesia.

                                         

                                                Dubai, 7 Oktober 2010.