Business Lunch Meeting: Promosi Investasi BKPMD Jawa Barat di Dubai

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Mencari peluang investasi dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan dalam situasi apa saja. Hal ini tercermin dari penyelenggaraan business lunch meeting yang diadakan di Novotel Hotel, Dubai pada hari Selasa, 24 Nopember 2009 silam. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama yang baik antara Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Jawa Barat dengan KJRI Dubai dan KBRI Abu Dhabi.

Business meeting dibuka oleh Duta Besar RI untuk Persatuan Emirat Arab (PEA), H.E. M. Wahid Supriyadi yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh Kepala Badan Koordinasi Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Jawa Barat, Bapak Iwa Kurniwa.

Salah satu hal menarik dari kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 25 pelaku usaha di Dubai tersebut adalah adanya testimony dari Dubai Port World (DP World) yang telah melakukan investasi di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Investor tersebut menyatakan akan memperpanjang investasinya hingga 20 tahun mendatang dan merencanakan untuk memperluas investasinya dalam pengelolaan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Testimony yang disampaikan oleh Mr. Suhail Al Banna, Vice President DP World  langsung membuat suasana meeting menjadi lebih hangat dan menarik. Pada sesi diskusi berbagai pertanyaan pun timbul dari para calon investor yang menyatakan ketertarikannya guna mengikuti jejak sukses pihak DP World.
Secara keseluruhan kegiatan tersebut berjalan baik. Adapun hal-hal yang didapatkan pada saat sesi diskusi adalah: Mr. Ali Khalil Al Sayegh, CEO Al Tanmiyah Dubai Islamic Bank misalnya merencanakan akan merekrut tenaga kerja semi profesional dan profesional dari Indonesia untuk bidang engineer dan security officer. Beberapa investor yang lain menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi batu bara di Kalimantan, dan geothermal di Jawa Barat. Mr. Roger Leitner, Executive Director, UBS meminta informasi mengenai fasilitas dan insentif yang diberikan kepada investor asing terkait dengan pembangunan bandara internasional di Jawa Barat. Tidak ketinggalan obat tradisional Jawa Barat untuk perempuan pun diminati untuk dibeli dan dipasarkan di Timur Tengah oleh salah seorang peserta meeting yang berkebangsaan India.

Seusai acara Mr. Fakih N.P., managing director, Fakih Group of Companies membawa Kepala BKPMD Jawa Barat dan rombongan untuk meninjau langsung perusahaannya yang berniat untuk melakukan kerjasama di bidang furniture dan kerajinan tangan.
 
30 Nopember 2009