20 TKW Bermasalah, KJRI Dubai Turun Tangan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Detik.com - KJRI Dubai berhasil memfasilitasi pemulangan sebanyak 20 TKW bermasalah. Mereka dijemput di Bandara Soekarno-Hatta untuk selanjutnya dibantu proses pemulangannya ke daerah asal.

Untuk menjamin keselamatan dan kelancaran pemulangan, KJRI Dubai berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (Dit PWNI dan BHI) Kemlu di Jakarta.

"Setiba di Bandara Soekarno Hatta mereka dijemput oleh staf Dit PWNI dan BHI Kemlu, untuk selanjutnya dibantu proses pemulangannya ke daerah asal masing-masing," tutur Konsul Jenderal RI Dubai Mansyur Pangeran kepada detikcom, Minggu (23/5/2010).

Menurut Mansyur, para TKW tersebut diterbangkan ke Indonesia dalam lima tahap, masing-masing 1 orang dengan maskapai penerbangan Emirat (12/5/2010), 9 orang dengan Yemen Airlines (17/5/2010), 5 orang dengan Yemen Airlines (19/5/2010), 1 orang dengan Qatar Airways (20/5/2010) dan 4 orang dengan Yemen Airlines (22/5/2010).

Pemulangan TKW tersebut, lanjut Mansyur, dilakukan sebagai perwujudan kepedulian dan keberpihakan KJRI Dubai terhadap TKW bermasalah, khususnya di wilayah kerja KJRI Dubai yang meliputi Dubai, Sharjah, Ajman, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah dan Fujairah.  

Sebelum dipulangkan, para TKW yang selama ini ditampung di penampungan sementara KJRI tersebut telah menjalani proses penyelesaian hukum dan administrasi dengan otoritas terkait setempat di Dubai, yakni imigrasi, kepolisian, agen penyalur lokal, dan majikan), di bawah bantuan dan mediasi KJRI Dubai.

  "KJRI Dubai senantiasa berusaha meningkatkan citizen service (pelayanan warga, red) yang bertujuan untuk memberikan bantuan pelayanan dan perlindungan kepada WNI dan BHI bermasalah," terang Mansyur.

Dikatakan bahwa pelayanan tersebut harus terpadu, bersifat cepat, tepat, murah, ramah, memuaskan, terbuka dan bertanggung jawab, dengan melibatkan seluruh unsur yang ada di Perwakilan RI di luar negeri.  

Berdasarkan data, jumlah TKW yang saat ini masih berada di tempat penampungan sementara di KJRI Dubai antara 80-90 orang. "Jumlah TKW kaburan dan bermasalah yang datang ke KJRI selalu bertambah setiap harinya," demikian Mansyur