1000 WNI Hadiri Shalat dan Halal Bihalal Idul Fitri di KJRI Dubai

KJRI Dubai telah menyelenggarakan Shalat Idul Fitri pada hari Rabu, 6 Juli 2016 (1 Syawal 1436 H) bertempat di KJRI Dubai. Shalat Idul Fitri ini dihadiri warga negara Indonesia dari Dubai dan Emirat Utara (Ajman, Sharjah, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah, dan Fujairah). Meskipun KJRI Dubai tidak dapat mengeluarkan undangan secara tertulis kepada masyarakat sehubungan adanya permintaan pemerintah setempat yang menghimbau agar Shalat Idul Fitri diadakan di tempat yang telah disiapkan pemerintah setempat, namun KJRI Dubai tetap menyelenggarakan Shalat Idul Fitri sehubungan dengan harapan yang besar dari WNI untuk Shalat Idul Fitri berjamaah di KJRI Dubai.

Sekitar 1000 warga Indonesia dari berbagai latar profesi hadir dalam Shalat Idul Fitri tahun ini. Bertindak sebagai Imam Al Ustadz H. Zunnunil Masri (alumni Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir) dan Khotib Al Ustadz H. Mursalin (alumni Universitas Damaskus, Suriah). Dalam khotbahnya, Ustadz H. Mursalin menyampaikan bahwa ajaran Islam supaya kaum muslimin Shalat Idul Fitri di tanah lapang adalah agar melihat langsung tanda-tanda kebesaran Allah SWT di alam raya sehingga umat Islam menyadari bahwa betapa dirinya tidak berarti dihadapan Allah SWT dan selalu tawadhu (rendah hati) dan tidak menyombongkan diri. Ustadz Mursalin juga mengajak seluruh WNI di Dubai dan Emirat Utara untuk menjaga persatuan dan kesatuan sehingga dapat membantu tercapainya cita-cita bangsa Indonesia menuju kehidupan berbangsa yang aman, bersatu, adil, dan makmur.

Setelah Shalat Ied selesai, diselenggarakan halal bihalal dan ramah tamah antara warga masyarakat dengan Konsul Jenderal RI Dubai Arzaf F. Firman. Halal bihalal ini juga dihadiri oleh Perwakilan Umat Nasrani Indonesia di Dubai. Silaturahmi juga dimeriahkan dengan hidangan khas lebaran yaitu ketupat sayur dan rendang.

Indonesian Muslim Association (IMA) di Dubai yang menjadi Amil Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) WNI di Dubai dan sekitarnya berhasil mengumpulkan zakat fitrah sebesar 6400 dirham dan 200 US Dollar dan sedekah sebesar 8500 dirham dan 10 Riyal yang sudah dibagikan kepada yang berhak menerimanya. Ketua IMA Joko Slamet mengharapkan kerja sama yang baik antara KJRI dan IMA dalam memberikan pelayanan kepada umat Islam di Dubai dapat terus dipertahankan ke depannya.