Warga Ras Laffan Promosikan Indonesia di Qatar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Komunitas Indonesia yang bekerja di Qatar Petroleum-Ras Laffan Industrial City, Qatar, didukung oleh KBRI Doha mengikuti pameran budaya dalam rangkaian Family Gathering: Laffan Cultural Fiesta 2011, Jumat, (28/10). 

Kegiatan
tahunan yang diadakan oleh perusahaan tersebut ditujukan untuk menjadi wahana berkumpul sembari tiap-tiap komunitas menampilkan berbagai keunikan tradisi dan budaya negara masing-masing yang bekerja di perusahaan tersebut.

Dalam pameran yang berlangsung hanya satu hari itu, komunitas Indonesia secara maksimal memanfaatkan kesempatan waktu yang sangat terbatas tersebut untuk memamerkan beberapa produk seni budaya khas Indonesia. Stand promosi yang disiapkan panitia ditata secara sederhana namun berkualitas. Paduan kain batik, beberapa produk seperti patung, wayang, dan pernak-pernik khas Indonesia lainnya secara kuat berhasil menampilkan atmosfer Indonesia di lokasi pameran.

Di samping itu, stand Indonesia juga menyediakan berbagai poster pemandangan alam disertai brosur pariwisata Indonesia sebagai jendela informasi bagi pengunjung. Dengan tata letak yang diatur dengan sederhana namun sangat menarik, stand yang disiapkan secara bersama-sama oleh masyarakat Indonesia di Ras Laffan ini secara mandiri berhasil menarik minat banyak pengunjung untuk mengunjungi stand Indonesia. Berbagai pertanyaan warga local dan expatriate yang bermukim di Qatar menunjukkan ketertarikan mereka untuk mengetahui Indonesia lebih terperinci.

Penampilan anak Indonesia, Aggawira Wanagiri (11 tahun), yang memainkan angklung solo dengan beberapa lagu tradisional Indonesia berhasil mengundang banyak pengunjung untuk menanyakan lebih jauh mengenai alat musik tradisional asli Indonesia tersebut.Suara khas bambu yang dihasilkan angklung dalam penampilan Aggawira telah memberikan nilai tambah tersendiri dari stand Indonesia dibandingkan peserta pameran dari negara lainnya.

Upaya dan inisiatif yang datang secara mandiri dari komunitas warga Indonesia di Ras Laffan, Qatar, ini menunjukkan siginifikansi tingkat partisipasi masyarakat Indonesia untuk mempromosikan negaranya di tanah Qatar.Semangat dan berbagai ide yang muncul saat ini dikelola sedemikian rupa agar memunculkan sinergi terbaik antara KBRI Doha dengan masyarakat guna mendukung peningkatan intensitas hubungan dan kerja sama sosial-budaya antara Indonesia dengan Qatar.

Dengan
berbagai inisiatif yang dating dari seluruh komponen bangsa, diharapkan peningkatan profil Indonesia di tengah-tengah komunitas heterogen, local maupun expatriate, yang menetap di Qatar dapat dicapai dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.