PROMOSI WONDERFUL INDONESIA DI QATAR 2015 'GENJOT KERJASAMA EKONOMI, INVESTASI DAN PARIWISATA INDONESIA-QATAR'

Pada tanggal 26-28 November 2015, bertepatan pada Libur Akhir Pekan di Qatar,  KBRI Doha bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI telah menggelar Promosi "Wonderful Indonesia 2015" di Qatar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lagoona Mall, Doha, salah satu Mall bergengsi yang menjadi pilihan WN Qatar dan Expatriat Asing di Qatar.
 
Hadir pada Acara Grand Opening, Wakil Menteri Luar Negeri Qatar, H.E. Mr. Mohammed Bin Abdullah Bin Mutib Al Rumaihi, sejumlah Duta Besar dan Perwakilan dari Kedutaan Asing di Qatar beserta spouse, Perwakilan Qatar Chamber for Commerce and Industry, Mr. Mouse Abu Azab, Perwakilan kalangan pebisnis, wartawan dan Masyarakat Asing dan Diaspora Indonesia di Qatar. Sedikitnya 350 orang tamu dan undangan hadir pada acara Grand Opening yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 November 2015 ini.
 
Duta Besar RI Doha, Bapak Deddy Saiful Hadi yang didampingi Ibu Endang Hadi, menyampaikan terima kasih kepada Wakil Menteri Luar Negeri Al-Rumaihi dan seluruh tamu undangan yang hadir. Dubes Deddy menggarisbawahi bahwa terlaksananya kegiatan Promosi Wonderful Indonesia 2015 di Qatar ini adalah manifestasi dari kedekatan hubungan Indonesia-Qatar. Tidak hanya secara politis dan budaya, kegiatan ini merupakan sebuah penegasan komitmen bagi kedua pihak untuk memanfaatkan potensi ekonomi dan investasi Indonesia-Qatar secara maksimal, khususnya di bidang pariwisata.
 
Ditambahkan oleh Dubes RI bahwa Indonesia berharap melalui Wonderful Indonesia ini jumlah wisatawan Qatar ataupun ekpatriat asing lainnya di Qatar yang datang ke Indonesia untuk menghabiskan liburan musim panasnya akan semakin meningkat.
Selain itu, Kegiatan Pariwisata ini dimaksudkan untuk menarik minat para investor dan pelaku bisnis Qatar, antara lain di bidang infrastruktur seperti pembangunan jalan, hotel, dan sarana prasarana lainnya yang dapat memberikan nilai tambah di daerah-daerah yang menjadi tujuan pariwisata di Indonesia.
 
Wakil Menteri Luar Negeri Al-Rumaihi menyampaikan kepada Dubes Deddy bahwa Pemerintah Qatar merasa gembira dan mengapresiasi kegiatan promosi budaya dan ekonomi Indonesia di Qatar yang secara konsisten dilakukan oleh KBRI Doha. Harapan besar tentunya dari Pemerintah Qatar bahwa kerja sama seperti ini tetap terus berlanjut dan benar-benar membawa manfaat yang nyata bagi kedua negara.
 
Wonderful Indonesia di 2015 menampilkan sejumlah tarian tradisional Indonesia, seperti Tari Piring (Sumatera Barat), Tari Ngepak Enggang (Kalimantan Tengah), Tari Cendrawasih (Papua), Bajidor Kahot (Jawa Barat), dan Tari Njot-njotan (Jakarta) yang dibawakan oleh Sanggar Tari Blitar Rose, kelompok tari profesional yang dibawa dari Jakarta oleh Kementerian Pariwisata. Hadir pula Designer Pakaian Muslimah Indonesia, Ibu Astrid, yang menampilkan beberapa rancangannya.
 
Selain itu sejumlah tari lainnya seperti Tari Rampak Pemudi dan Tari Cinta Indonesia juga ditampilkan oleh Sanggar Tari Puspa Qinarya, sebuah kelompok tari para Diaspora Indonesia penggiat promosi budaya Indonesia di Qatar yang setiap Kamis sore berlatih tari di KBRI Doha. Tampil pula pertunjukan seni bela diri tradisional Indonesia 'Pencak Silat' yang dibawakan oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan 'Baraya Sunda Qatar (BSQ), dan penampilan dari Group Angklung Ibu-Ibu Diaspora Indonesia di Qatar, yang dalam beberapa tahun terakhir telah tampil dalam berbagai acara budaya Indonesia. Kesemua penampilan Indonesia tersebut berhasil membius para tamu undangan dan para penonton yang datang.
 
Hal lain yang ikut mewarnai Wonderful Indonesia 2015 di Doha, Qatar kali ini adalah kehadiran booth Kementerian Pariwisata dan Booth Kopi Indonesia, Javanero dan La Crona yang tidak sepi dari pengunjung. Beberapa pengunjung sangat tertarik untuk mencoba cita rasa Kopi Indonesia, bahkan diantaranya menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama.
 
Guna menarik minat pengunjung dan menambah bobot acara, Kementerian Pariwisata juga memberikan hadiah Grand Prize berupa farm trip untuk 3 pemenang dan 2 paket menginap di salah satu hotel terbaik di Bali untuk 2 orang pasangan. Selain untuk menarik minat masyarat umum di Qatar untuk berlibur di Indonesia, Grand prize ini secara khusus dimaksudkan untuk mendorong kerja sama antara travel agent Indonesia dan para jurnalis di Qatar guna membantu mempromosikan tujuan-tujuan wisata di Indonesia. Selain Grand Prize dibagikan juga berbagai cinderamata dan goody bag yang berisikan informasi tentang Indonesia dan aneka handicraft khas Indonesia pada setiap segmen Quiz tentang Indonesia bagi penonton yang bisa menjawab pertanyaan tentang Indonesia.
 
Dalam sambutannya menutup Acara Wonderful Indonesia 2015 di Qatar, Dubes Deddy sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Qatar dan semua pihak yang telah berkonstribusi dalam menyukseskan acara ini. Dubes Deddy juga tidak lupa menyampaikan apresiasi kepada Qatar Tourism Authority dan Qatar Heritage and Identity Center serta Menajemen Lagoona Mall, yang telah memberikan dukungan dan kerjasamanya yang baik sejak masa persiapan. Dubes Deddy berharap secara berkala akan ada peningkatan kerja sama ekonomi yang signifikan antara Indonesia-Qatar melalui kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang.