PPLN DILI DAN BIMBINGAN TEKNIS

2/11/2014

 

dili.jpg

Pelantikan PPLN

 

Tahun 2014, Indonesia akan merayakan pesta Demokrasi yaitu  Pemilihan Umum Legislatif dan  Pemilihan Umum untuk Presiden. Untuk itu lewat Undang-Undang nomor 15 tahun 2011 dibentuk Panitia Pemilihan  Luar Negeri atau PPLN. Hal ini mengingat hak setiap warga Negara  Indonesia yang berada di luar negeri untuk bisa  menggunakan hak  memilih baik untuk Pemilu Legislatif maupun untuk Pemilu Presiden.

 

Kedutaan Republik Indonesia di Dili pada tanggal 3 Juni 2013 yang lalu telah mengadakan Pelantikan untuk Panitia Pemilu Luar Negeri. Palantikan ini dilakukan oleh Duta Besar Republik Indonesia di Dili  bapak Primanto Hendrasmoro kepada para panitia yaitu Pastor Urbanus Bunga Lolon,SVD sebagai ketua merangkap anggota, bapak Max M. Meheriwa (anggota), Abdul Rahman ( anggota) dan Max Mandagi (anggota).

 

Bimtek di Australia

 

Dalam mengemban tugas ini PPLN Dili sudah  mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis atau BIMTEK yang dilaksanakan oleh KPU di Australia. BIMTEK pertama dilaksanakan di Perth pada tanggal 22-23 Juni 2013. Perwakilan yang mengikuti Supervisi dan Bimtek di Perth adalah utusan PPLN dari Canberra, Darwin, Melbourne, Sydney, Perth, Noumea,Welington, Vanimo, Suva dan Dili. PPLN Dili diwakili oleh Pastor Urbanus Bunga Lolon, SVD sebagai ketua dan  Bapak Maxi M.  Maheriwa sebagai anggota PPLN.

 

BIMTEK kedua dilaksanakan di Sydney tanggal 8-9 Nopember 2013. Dari Perwakilan Dili mengirim Pastor Urbanus Bunga Lolon,SVD selaku ketua dan Pak Mahmudin sebagai sekretaris PPLN.

 

Dalam kesempatan BIMTEK ini agenda utama adalah tentang proses dan mekanisme Pemilu di luar negeri.  Selain itu dari KPU juga menghimbau agar PPLN  sebisa mungkin memfasilitasi   agar setiap WNI di luar negeri bisa menggunakan hak pilih dalam pemilu baik untuk Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.  

URBANUS2.jpgURBANUS3.jpg