Pertemuan Bilateral dengan PM Xanana Gusmao

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dili, Timor Leste: Setelah bertemu Presiden Jose Ramos Horta, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan bilateral dengan PM Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Xanana Gusmao. Pertemuan berlangsung di Palacio do Governo, kantor Perdana Menteri, Sabtu (19/5) siang. Seusai pertemuan bilateral, kedua pemimpin menyaksikan penandatanganan dua nota kesepahaman kedua negara.

PM Xanana Gusmao memuji pemerintah dan rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan dan mau menjalin kerja sama dengan Timor Leste. "Saya sampaikan selamat datang dan terima kasih atas dukungan yang diberikan pada kami," kata Xanana Gusmao.

Kedua negara sepakat menjalin kerja sama di berbagai bidang, antara lain pendidikan, diplomatik, ekonomi, pelintas batas, dan juga perdagangan di perbatasan. Menurut Xanana, saat ini ada 7 ribu mahasiswa Timor Leste menempuh pendidikan di Indonesia. Hal itu menunjukkan hubungan yang erat antara kedua negara.

"Kami memliki hubungan di berbagai sektor. Hari ini kita perkuat kerja sama bidang pariwisata, kepemudaan, ekonomi, ijin lintas perbatasan dan juga bidang lain," PM Xanana Gusmao menambahkan.

Seusai pertemuan bilateral, kedua pemimpin menyaksikan penandatanganan dua nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding. Keduanya adalah MoU kerja sama pariwisata, ditandatangani oleh Menlu Marty Natalegawa dan Menlu Timor Leste Zacarias Albano. Kemudian MoU kerja sama kepemudaan dan olahraga yang ditandatangani Menpora Andi A Mallarangeng dan Menpora Timor Leste Miguel Manetelu.