Gathering Komunitas Masyarakat Indonesia di Timor-Leste

Pada tanggal 6 Desember 2015, bertempat di Ocean View Restaurant Dili, KBRI Dili telah menyelenggarakan acaraGathering Komunitas Masyarakat Indonesia di Timor-Leste. Acaragathering yang mengangkat tema “Kebersamaan Itu Indah” tersebut dihadiri oleh sekitar 350 orang dari komunitas masyarakat Indonesia di Timor-Leste antara lain dari kelompok masyarakat Batak, Kerukunan Keluarga Kawanua di Timor-Leste, Kelompok Masyarakat Maluku, kelompok Bali, Jawa, Makasar, Flobamora, para advisers Indonesia di TL, BUMN Indonesia serta staf KBRI Dili. Acara ini didukung oleh BUMN Indonesia di Timor-Leste yaitu Bank Mandiri Dili, PT. Pertamina Internasional Timor SA, PT. Pembangunan Perumahan (PP) dan PT. Telkomcel di Timor-Leste.

Dubes RI Dili, Primanto Hendrasmoro dalam sambutannya antara lain menyampaikan rasa senang dan bahagia karena dapat berkumpul bersama-sama dengan keluarga besar Indonesia di Timor-Leste. Dubes RI Dili menambahkan bahwa tujuan dari pada acara gathering tersebut adalah agar dapat saling mengenal satu sama lain dan menjaga tali silaturahim, saling membantu, saling melengkapi dan saling mendukung agar keberadaan seluruh masyarakat Indonesia di Timor-Leste dapat memberikan kontribusi yang baik di Timor-Leste. Dubes RI menambahkan pula bahwa jumlah WNI di Timor-Leste selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, sehingga hal ini tentunya merupakan suatu hal yang baik dan patut di puji karena keberadaan WNI di Timor-Leste tidak hanya untuk urusan kerja bagi kepentingan pribadi saja, tetapi juga telah ikut memberikan kontribusi yang cukup tinggi dalam mendorong, mendukung dan memelihara hubungan kerjasama dan persahabatan yang baik antara Indonesia dan Timor-Leste. Mudah-mudahan upaya ini dapat terus didorong dan betul betul memberikan sumbangan yang baik bagi peningkatan hubungan kerjasama dan persahabatan kedua negara. Lebih lanjut Dubes RI juga menyampaikan, bahwa keberadaan WNI di Timor-Leste mempunyai peran yang sangat signifikan serta memiliki tanggungjawab di bidang masing-masing dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat Timor-Leste. Pada kesempatan tersebut, Dubes RI Dili juga menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 bagi WNI yang merayakan dan semoga kedepannya semua dapat bekerja lebih giat untuk dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi.

Para komunitas WNI di Timor-Leste juga menyampaikan penghargaan dan berterima kasih kepada KBRI Dili, karena dapat mengumpulkan komunitas WNI di Timor-Leste pada acara tersebut, yang tentunya acara tersebut adalah momentum yang sangat baik bagi komunitas WNI untuk saling mengenal dan saling bersilaturahim. Komunitas WNI di Timor-Leste mengakui segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah kedua negara dalam menjaga dan meningkatkan hubungan kerjasama dan persahabatan antara masyarakat kedua negara. Upaya dan bantuan perlindungan KBRI Dili kepada masyarakat Indonesia di Timor-Leste selama ini cukup baik. Diharapkan agar kedepannya kegiatan serupa dapat terus dilanjutkan dalam menjalin tali silarurahim antara sesama masyarakat Indonesia di Timor-Leste dengan KBRI Dili.

Pada acara tersebut, juga dilakukan penarikan undian dan berbagi hadiah bagi para pemenang undian. Selain itu, acara juga diisi dengan penampilan menyanyi dari setiap kelompok komunitas masyarakat Indonesia. Acara diakhiri dengan makan malam bersama dan hiburan lainnya. Terlampir disampaikan dokumentasi foto-foto acara gathering dimaksud. (Sumber KBRI Dili).