GRUP MUSIK DWIKI DARMAWAN HIBUR TAMU PADA ACARA RESEPSI DIPLOMATIK HUT KEMERDEKAAN RI KE -65 DI KBRI – DILI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 18 Agustus 2010, malam hari, bertempat di halaman KBRI Dili telah diselenggarakan Resepsi Diplomatik sebagai penutup rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-65.

Acara-acara yang mendahului Resepsi Diplomatik adalah Pertandingan Olah Raga tanggal 17 Juli – 7 Agustus 2010, Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Seroja Dili tanggal 16 Agustus 2010 dan Upacara Pengibaran Bendera di KBRI-Dili pada tanggal 17 Agustus 2010.

Resepsi Diplomatik dihadiri oleh sekitar 400 undangan yang terdiri dari Wakil Perdana Menteri RDTL, Mr. Jose Luis Gutteres, sejumlah jajaran Menteri dan pejabat tinggi Kabinet Konstitusi – IV AMP, antara lain Sekretaris Negara urusan Reformasi Administrasi, angota parlemen, tokoh-tokoh partai diantaranya mantan PM Mr. Mari Al Katiri, mantan Komisioner KKP, para Duta Besar, kalangan Korps Diplomatik, tokoh-tokoh masyarakat Timor-Leste, para wakil media massa setempat, BUMN Indonesia, pejabat-pejabat Organisasi Internasional, wakil- wakil masyarakat Indonesia, pemuka agama, pengusaha dan akademisi.

Duta Besar RI Eddy Setiabudhi dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa hubungan dan kerjasama Indonesia – RDTL dinilai semakin berkembang dan bersahabat, yang didasarkan pada prinsip saling menghargai, saling memahami dan saling menguntungkan. Pemimpin kedua negara juga dekat satu sama lainnya, bersahabat, bersikap konstruktif dan pragmatis dalam hal mengidentifikasi peluang-peluang utk membawa kerjasama kedua negara ke tahapan yang lebih luas. Dubes RI menggarisbawahi capaian pertemuan Joint Ministerial Commission (JMC) RI – RDTL ke-IV yang baru saja dilaksanakan beberapa waktu lalu, berupa ditandatangani Air Transport Agreement dan launching Pas Lintas Batas. Dubes RI menambahkan bahwa kedua negara berkomitmen utk menyelesaikan residual issues secara konstruktif dan pendekatan yang memandang ke depan, termasuk melaksanakan rekomendasi-rekomendasi Komisi Kebenaran dan Persahabatan Indonesia – Timor-Leste.

Bertindak sebagai Guest of Honour pada Resepsi Diplomatik adalah Wakil Perdana Menteri, Jose Luis Gutteres. Dalam sambutannya, Wakil PM Gutteres menggarisbawahi pentingnya hubungan dan kerjasama antara kedua negara yang semakin erat, termasuk hubungan pribadi yang terjalin diantara Pemimpin Nasional kedua negara. Wakil PM Guterres juga menyampaikan penghargaan atas berbagai bantuan yang telah diberikan oleh Indonesia, termasuk bantuan teknis yang diterima utk meningkatkan kapasitas SDM masyarakat Timor-Leste. Mr. Gutteres mengharapkan agar di masa mendatang proses rekonsiliasi dan persahabatan antara kedua bangsa dan negara yang telah terjalin selama ini dapat ditingkatkan lagi sehingga dapat menunjang pembangunan di kedua negara.

Dalam acara Resepsi Diplomatik ini ditampilkan suguhan seni budaya berupa penampilan angklung, sejumlah tari dari berbagai daerah di Indonesia, Dharma Wanita Persatuan KBRI-Dili dan grup musik Dwiki Darmawan. Penampilan yang mengundang kekaguman diperlihatkan oleh sejumlah 20 (dua puluh) siswa-siswi SD Farol yang mengiringi lagu kebangsaan kedua Negara dengan permainan instrumen angklung yang sangat baik. DWP KBRI-Dili berkolaborasi dg Ibu-ibu WNI di Dili juga menampilkan permainan angklung dan menyumbang lagu untuk memeriahkan suasana. Tari Saman-Aceh, yang dibawakan oleh 10 (sepuluh) siswi SMP An Nur-Dili tampil sangat memukau serta mendapatkan applaus meriah dari hadirin.

Pada puncak acara ditampilkan grup musik jazz Dwiki Dharmawan, yang menampilkan vokalis Ita Purnamasari, Flavianus Nestor Embun dan Pratiwi (sekaligus memainkan alat musik akordion). Suguhan lagu-lagu pembukaan secara medley, antara lain berasal dari Timor-Leste, daerah Indonesia, China, Jepang dan Spanyol sangat menghibur dan mengundang kekaguman dari para tamu yang hadir. Dalam sesi penutup, grup Dwiki Dharmawan membawakan sejumlah lagu-lagu irama jazz, pop dan dangdut yang secara spontan direspon oleh para tamu, baik Warga Timor-Leste dan WNI dengan menari dan bernyanyi bersama.