Partisipasi Duta Besar RI Dili Pada Penyelenggaraan Seminar Internasional Indonesia dan Timor-Leste di Universitas Dili

11/24/2014

 

?Pada tanggal 21 November 2014, bertempat di Aula Kampus Universitas Dili (UNDIL), Dubes RI Dili, M. Primanto Hendrasmoro didampingi oleh Sekretaris III Fungsi Pensosbud KBRI Dili menghadiri acara pembukaan Seminar Internasional Indonesia dan Timor-Leste yang bertemakan: “Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Universitas Dili. Seminar yang diadakan oleh UNDIL tersebut di buka oleh Rektor UNDIL, Mr. Antonio Cardoso C. Machado, dan dihadiri oleh Prof. Dr. Ramdhon Bermanakusuma, perwakilan dari Sekolah Tinggi Keperawatan Aisyah Bandung, perwakilan dari Universitas Nusa Cendana Kupang, jajaran UNDIL, para mahasiswa UNDIL serta undangan lainnya. 


Dalam sambutannya, Dubes RI Dili, M. Primanto Hendrasmoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UNDIL beserta civitas akademik UNDIL atas undangan kepada Dubes RI Dili untuk menyampaikan sambutan pada penyelenggaran kegiatan Seminar Internasional dimaksud. Dubes RI Dili menyampaikan bahwa secara umum hubungan dan kerjasama kedua negara selama ini telah berlangsung dengan sangat baik, sangat konstruktif dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kedua negara. Sejak Timor-Leste sebagai suatu negara berdaulat, telah banyak melakukan berbagai program kerjasama yang mencakup lebih luas di berbagai bidang seperti kerjasama bidang pertanian, pertahanan, politik keamanan sampai dengan good governance, kerjasama antara lembaga-lembaga penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan. Peran serta dari berbagai elemen di Indonesia dalam pembangunan di Timor-Leste semakin besar saat ini, dan diperkirakan terus meningkat di masa depan.


Dubes RI Dili juga menyatakan, bahwa berbagai program bidang kerjasama teknik seperti peningkatan kapasitas kelembagaan semakin meningkat. Pada tiga tahun terakhir sekitar 2200 personil dari pegawai pemerintahan Timor-Leste maupun Angkatan Bersenjata dan Kepolisian yang telah mengikuti pelatihan dan pendidikan di Indonesia, sama halnya dengan pemberian beasiswa dari Pemerintah Indonesia kepada berbagai pihak di Timor-Leste serta pengiriman tenaga ahli atau penasehat yang saat ini bekerja di berbagai instansi di Timor-Leste. KBRI Dili juga mencatat bahwa sekitar 7000 pelajar dan mahasiswa Timor-Leste yang saat ini sedang melanjutkan studi di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia, yang menunjukkan sebuah fakta bahwa people to people relationship kedua negara akan terus meningkat.  


Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk terus menjalin hubungan bertetangga yang baik dengan Timor-Leste, saling melengkapi, saling menguntungkan dan saling mengisi. Dan selama ini wujud kerjasama semakin menampak terbukti dari konsultasi terus-menerus yang dilakukan oleh pemimpin kedua negara.


Acara seminar internasional tersebut diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara UNDIL dengan Sekolah Tinggi Keperawatan Aisyah Bandung di bidang kerjasama kesehatan. Kesepakatan kerjasama itu ditandatangani oleh Rektor UNDIL, Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat dengan perwakilan Sekolah Tinggi Keperawatan Aisyah Bandung yang disaksikan oleh Dubes RI Dili, Jajaran UNDIL beserta undangan lainnya. Terlampir disampaikan dokumentasi foto-foto kegiatan Seminar Internasional di UNDIL. (sumber KBRI Dili).