Nonton Bareng Film Indonesia

12/2/2014

 

?Dalam rangka meningkatkan “people to people relation”, persahabatan dan hiburan, pada tanggal 2 Desember 2014, KBRI-Dili mengadakan kegiatan pemutaran film yang berjudul “Rumah Tanpa Jendela” di SD Negeri Farol-Dili. Pemutaran film tersebut disaksikan oleh sekitar 150 (seratus lima puluh) penonton, yang terdiri dari siswa/i SD Negeri Farol-Dili beserta guru-guru, Dubes RI Dili, termasuk sejumlah Staf KBRI Dili dan perwakilan DWP KBRI-Dili.

Kegiatan pemutaran film tersebut secara langsung dibuka oleh Dubes RI Dili dan Kepala Sekolah SD Negeri Farol-Dili. Dalam sambutannya, Dubes RI Dili, M. Primanto Hendrasmoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap tenaga pengajar SD Negeri Farol serta para siswa/i yang telah hadir bersama pada kegiatan pemutaran film yang dilakukan oleh KBRI Dili. Dubes RI Dili juga menyampaikan, bahwa semoga program pemutaran film ini dapat memberikan pelajaran yang baik bagi generasi muda. Kisah yang difilmkan tersebut memberikan motivasi yang bagus bagi generasi muda agar tidak pernah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup dan selalu semangat untuk giat belajar dalam mengejar cita-cita. Dubes RI Dili juga menyampaikan agar siswa/i dapat rajin dan giat belajar agar sukses di masa depan serta dapat menjadi elemen penting bagi pembangunan bangsa dan negara Timor-Leste. Pada kesempatan tersebut, Dubes RI Dili juga menyerahkan bantuan dua buah bola kaki dan bola voli bagi SD Negeri Farol, yang diterima oleh Kepala Sekolah SD Negeri Farol, Dili. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri Farol-Dili, Mrs. Irene Soares Morato, menyampaikan apreasiasi dan terima kasih kepada KBRI-Dili atas inisiatifnya untuk melakukan kegiatan pemutaran film bagi siswa/i di SD Negeri Farol. Pemutaran film tersebut merupakan suatu pelajaran dan informasi yang positif bagi para siswa/i untuk menambah pengetahuan mereka. Pihaknya berharap ke depan, KBRI-Dili dapat melakukan pemutaran film ataupun kegiatan lainnya bagi siswa/i Sekolah Farol-Dili.

Para siswa/i sangat antusias menyaksikan pemutaran film tsb dan menyampaikan apresiasinya terhadap alur cerita serta nilai-nilai yang terkandung dalam film tersebut. Menurut mereka, film tersebut merupakan sebuah contoh yang baik bagi mereka. KBRI-Dili selama ini juga telah melakukan kerjasama baik dengan SD Farol – Dili, yaitu melalui pemberian pelatihan alat musik tradisional angklung dan tarian tradisional Indonesia kepada siswa/i SD Farol. Para siswi tersebut juga sudah seringkali tampil pada acara-acara yang dilakukan oleh KBRI-Dili.

Kegiatan pemutaran film kali ini merupakan kelanjutan dari program kegiatan pemutaran films Indonesia yang telah dilakukan secara berkala oleh KBRI Dili dan pemutaran film berikutnya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2014 di SMA Immaculate Heart of Marry School Distrik Liquica. Kegiatan pemutaran film merupakan salah satu kegiatan diplomasi kebudayaan yang bertujuan untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia di Timor-Leste. Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat semakin meningkatkan pemahaman serta semakin meningkatkan hubungan persahabatan antara masyarakat kedua negara RI-RDTL. Terlampir disampaikan dokumentasi foto-foto kegiatan pemutaran film di SD Negeri Farol, Dili. (Sumber KBRI Dili).