Kamar Dagang dan Industri Timor-Leste Berperan Penting dalam Meningkatkan Kerjasama Ekonomi RI-TL

11/27/2014

 

?Kamar dagang dan Industri Timor-Leste (CCI-TL/Camara Comercio e Industria) memiliki peran penting untuk meningkatkan kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Timor-Leste. Demikian antara lain pernyataan Duta Besar R.I Dili dalam sambutannya pada acara Breakfast Meeting bersama Jajaran Pengusaha dan Pengurus CCI-TL serta Pimpinan BUMN dan BUMS Indonesia, yang diselenggarakan oleh KBRI Dili pada tanggal 26 November 2014. Duta Besar R.I menyampaikan pula kerjasama ekonomi kedua negara di berbagai sektor terus meningkat yang terindikasi dari meningkatnya volume perdagangan, investasi Indonesia ke Timor-Leste, dan program bantuan pembangunan kapasitas untuk Timor-Leste melalui skema KSST dan antara lembaga. Duta Besar R.I juga menyampaikan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru CCI-TL yang dipimpin oleh Oscar Lima, dan menegaskan komitmen Pemerintah R.I untuk terus mendukung pembangunan ekonomi Timor-Leste termasuk peningkatan kerjasama business to business antara kedua negara.


Ketua CCI-TL, Oscar Lima dalam pernyataanya menyampaikan Indonesia merupakan mitra terutama bagi Timor-Leste dan kerjasama ekonomi kedua negara terus meningkat di berbagai bidang. Selain perdagangan dan investasi, semakin banyak perusahaan Indonesia yang memperoleh kerpecayaan untuk mengerjakan proyek-proyek pembangunan infrastruktur  di Timor-Leste melalui kerjasama dengan mitra lokal sesuai ketentuan di Timor-Leste. Ketua CCI-TL menyampaikan harapan agar KADIN-R.I dapat membantu pembangunan kapasitas bagi CCI-TL, khususnya untuk membagi pengalaman mengenai manajemen dan kompetensi organisasi kamar dagang dan industri. Ketua CCI-TL juga mengemukakan kegembiraanya karena selama ini mendapatkan dukungan dari KBRI Dili dan badan usaha Indonesia yang memiliki operasi bisnis di Timor-Leste. Pada acara tersebut juga telah terselenggara diskusi inter-aktif di antara peserta yang hadir, terutama mengenai perluasan lapangan kerja dan keahlian di Timor-Leste, corporate social responsibility, peningkatan kerjasama antara Timor-Leste dan Provinsi NTT, Indonesia dan prediksi pertumbuhan ekonomi TL.


Acara breakfast meeting dengan CCI-TL dan Pengusaha Indonesia di Timor-Leste merupakan program kerja KBRI Dili yang ditujukan untuk memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan ekonomi pembangunan dan mendorong kerjasama ekonomi seluas-luasnya antara Indonesia dan Timor-Leste.

(sumber KBRI DILI)