DISEMINASI RUMAH BUDAYA INDONESIA DI LUAR NEGERI Dili, 13 November 2012

11/14/2012

 

Indonesia sebagai sebuah negara yang besar menyadari posisi dan peran pentingnya dalam konteks pembangunan regional di Kawasan Asia Tenggara maupun secara global. Salah satu kekuatan strategis yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, yaitu kekuatan budaya yang terbentuk oleh eksistensi, kehidupan dan kekayaan nilai budaya, adat dan tradisi dari 500 lebih kelompok etnis yang tersebar di seluruh kepulauan nusantara, menjadikan Indonesia sebagai laboratorium antropologi yang terbesar di dunia.

Kekuatan tersebut menjadi salah satu pijakan kuat bagi bangsa Indonesia untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan peradaban dunia sebagai negara adidaya di bidang kebudayaan. Dalam konteks berperan aktif membangun peradaban dunia, maka diplomasi budaya menjadi instrument yang sangat penting dan strategis untuk mewujudkan positioning tersebut serta kontribusi yang nyata bagi dunia. Dalan kaitan inilah, program pengembangan Rumah Budaya Indonesia di Mancanegara dipersiapkan konsep dan rancangannya, untuk kemudian akan dirintis pengembangannya di beberapa negara strategis di masa mendatang.

Rumah Budaya Indonesia di Mancanegara itu sendiri didefiniskan sebagai wahana untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia dalam rangka meningkatkan citra dan apresiasi masyarakat internasional terhadap Indonesia. Wahana tersebut akan menyandang fungsi sebagai :


1. Sebagai rumah ekspresi dan presentasi seni budaya Indonesia bagi masyarakat internasional, maupun WNI yang menetap di luar negeri (Indonesian culture expression),
2. Sebagai rumah belajar budaya Indonesia bagi masyarakat internasional, maupun WNI yang menetap di luar negeri (Indonesian culture learning), dan
3. Sebagai rumah diskusi dan pengembangan citra budaya Indonesia agar dapat lebih dikenal luas oleh masyararakat internasional maupun WNI yang menetap di luar negeri , khususnya penguatan pengakuan internasional akan icon-icon budaya Indonesia (tangible maupun intangible)

Tujuan pengembangan Rumah Budaya Indonesia di mancanegara antara lain adalah : (1) Membangun lini diplomasi budaya di dunia internasional melalui pengembangan Rumah Budaya Indonesia di negara-negara strategis; (2) Meningkatkan positioning Indonesia sebagai negara adidaya budaya dalam turut membangun peradaban dunia melalui program dan langkah strategis di bidang kebudayaan, dan (3) Meningkatkan citra budaya Indonesia agar dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat internasional, termasuk memperkuat pengakuan masyarakat internasional akan icon-icon budaya Indonesia (tangible dan intangible cultural heritages)

Atas dasar tujuan tersebut, maka sasaran pengembangan Rumah Budaya Idonesia di Mancanegara adalah : (1) Terbangunnya pemahaman dan pengakuan masyarakat Internasional terhadap eksistensi dan peran Indonesia sebagai negara adi daya budaya dunia dan kontribusinya dalam turut membangun peradaban dunia; (2) Meningkatnya kerjasama pengembangan bidang kebudayaan antara Indonesia dengan negara-negara strategis di berbagai kawasan dunia dalam pelestarian aset-aset budaya.

Dalam fungsinya sebagai Rumah Budaya Indonesia di Mancanegara, untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia, didalamnya terdapat program-program khusus kebudayaan Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat Internasional maupun WNI yang menetap di luar negeri. Jabaran program kegiatan tersebut meliputi: Pertama, Ekspresi Budaya Indonesia, yang merupakan wahana untuk memperkenalkan kekayaan warisan budaya Indonesia, seperti Pameran Batik, Pertunjukan Musik Tradisional, Pagelaran Wayang, Demo Kuliner Indonesia, Pameran Keris, Pertunjukan Tari Tradisional, Pertunjukan Seni Bela Diri Tradisional, Pameran Film Nasional, Pementasan Sastra Indonesia. Kedua, Pembelajaran Budaya Indonesia, yang merupakan wahana untuk melestarikan peninggalan seni dan kebudayaan Indonesia, seperti Pelatihan Batik, Pelatihan Masak Kuliner Indonesia, Pelatihan Alat Musik Tradisional Indonesia, Pelatihan Tari Tradisional, Pelatihan Bahasa Indonesia. Ketiga, Advokasi dan Promosi Budaya Indonesia, yang merupakan wahana untuk pengembangan citra budaya Nusantara agar lebih dikenal luas, khususnya penguatan pengakuan internasional akan ikon-ikon budaya Nusantara tangible maupun intangible; seperti diskusi tentang budaya Indonesia dan potensi/tantangan pengembangan Rumah Budaya Indonesia.

Pengembangan Rumah Budaya Indonesia di Mancanegara akan dilaksanakan secara bertahap oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimulai dengan penyiapan konsep dan masterplan , dilanjutkan dengan perintisan pengembangan di beberapa negara (antara lain : USA, Belanda, Australia, Timor Leste, Jepang, Perancis, Turki, Jerman). Operasionalisasi Rumah Budaya Indonesia akan diemban oleh Atdikbud/ Pensosbud dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), serta melibatkan kalangan professional di dalamnya. Lokasi Pengembangan “Rumah Budaya Indonesia” akan berada di kota dimana KBRI berada atau di kota yang memili posisi dan nilai strategis secara budaya dan pariwisata. (sumber: Kemendikbud 2012)