SURAT PERJALANAN LAKSANA PASPOR REPUBLIK INDONESIA (SPLP RI)

11/27/2014

 
SPLP RI adalah dokumen pengganti paspor yang diberikan dalam keadaan tertentu yang berlaku selama jangka waktu tertentu (paling lama 2 tahun). Khususnya bagi  yang sejak lahir sudah berada di Timor-Leste atau yang kawin campur dengan WN TL atau WNA lainnya dan belum memiliki keterangan identitas diri ( bukti domisili dan bukti identitas diri ) dan akan kembali ke Indonesia, KBRI-Dili dapat menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) RI yang hanya dapat dipergunakan untuk 1 (satu) kali perjalanan saja. 
Selanjutnya  perlu untuk mengurus Paspor RI di Kantor Imigrasi mana saja dalam wilayah hukum RI untuk dapat kembali ke Timor-Leste.
Persyaratan SPLP RI :
(1)     KTP RI yang masih berlaku atau yang sudah tidak berlaku lagi yang telah di fotokopi, atau surat keterangan apa saja yang dikeluarkan oleh Pemerintah RI, yang menyatakan bahwa pemohon adalah WNI.
(2)     Surat Keterangan dari Kepala Desa dimana pemohon tinggal di TL, yang menerangkan bahwa pemohon adalah WNI (harus ada keterangan bahwa  adalah WNI).
(3)     Surat keterangan dari instansi terkait di Timor-leste apabila ada permasalahan khusus di TL.
(4)     Biaya SPLP RI sebesar  US$. 5,00 (lima Dolar AS).
(5)     Formulir permohonan SPLP RI yang telah diisi dengan huruf cetak dan tinta hitam secara benar dan lengkap yang sdh dittangani oleh  pemohon.
(6)     Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4(empat) lembar berlatar belakang putih.
PERHATIAN:
Mengingat banyaknya kasus WNI tanpa dokumen / Paspor RI di Timor-Leste, Pemerintah Timor-Leste mengambil kebijakan untuk memberikan Ijin Tinggal/ Residence Permit/Autorizacao de Residencia/Lisensa Hela Fatin kepada WNI, meskipun hanya memiliki SPLP RI. 

?