Kesusteran Alma Memperoleh Penghargaan Hak Asasi Manusia dari Timor-Leste

Kesusteran Alma dari Indonesia memperoleh penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) ‘Sergio Viera de Melo’ untuk kategori hak-hak ekonomi, sosial dan budaya, dari Timor-Leste. Penghargaan HAM yang diberikan kepada 6 individu dan organisasi kemasyarakatan tersebut, disampaikan oleh Presiden Republik Demokratik Timor-Leste, Taur Matan Ruak, pada peringatan Hari HAM Internasional di Istana Kepresidenan di Dili, tanggal 10 Desember 2014. Suster Kepala, Elizabeth Sinta Dewi mewakili Kesusteran Alma menerima sertifikat penghargaan HAM tersebut dari Presiden Taur Matan Ruak, pada acara dimaksud.


Dalam sambutannya pada acara termaksud, Presiden Taur Matan Ruak, antara lain menyampaikan selamat dan penghargaan atas karya sosial yang telah diselenggarakan oleh Kesusteran Alma, yang sejak tahun 2008 secara khusus memberikan pelayanan, perawatan dan pendidikan kepada anak-anak penyandang disabilitas di Timor-Leste. Presiden Taur Matan Ruak menyampaikan karya sosial yang diselenggarakan oleh Kesusteran Alma akan menjadi contoh bagi yang lain untuk dapat mengikuti peran kekaryaan sosial tersebut di Timor-Leste.


Kesusteran Alma berdiri pada tahun 1960 di Malang, Indonesia dan kekaryaannya berpusat di kota yang sama. Kesusteran Alma memulai pelayanan sosialnya di Timor-Leste sejak tahun 2008, dan saat ini mengelola panti sosial di Dili. Panti sosial tersebut mengkhususkan pelayanan, perawatan, dan pendidikan bagi anak-anak penyandang disabilitas, anak-anak terlantar dan yatim piatu.