The 3rd Indonesia’s Integrated Expo 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Dhaka untuk kesekian kalinya, pada tanggal 22 – 24 Maret 2012 telah menyelenggarakan pameran tunggal Indonesia dengan tema the 3rd Indonesia’s Integrated Expo 2012 : “Discover Wonderful Indonesia, the Potentials Unlimited” di Winter Garden Ruposhi Bangla Hotel, Dhaka, Bangladesh. Sesuai dengan temanya, maksud dan tujuan penyelenggaraan Expo terpadu dibawah satu atap adalah untuk semakin menyebarluaskan gambaran langsung secara utuh, benar dan tepat kepada 190 juta publik Bangladesh mengenai Indonesia sekaligus menjawab tantangan melalui pemanfaatan besarnya potensi pasar yang telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu partner dagang utama dalam hubungan bilateral Indonesia-Bangladesh. Acara Expo selama 3 (tiga) hari selalu diliput dan disiarkan oleh seluruh wartawan dari media elektronik seperti : BTV, My TV, NTV, Local Channel TV dan media cetak seperti : the Daily Star, the Independent, Janakantha, Daily Sun, dll.

 

Integrated Expo tahun 2012 mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak khususnya Pertamina dan para pengusaha di Bangladesh dan Indonesia. Pembukaan Expo yang dilaksanakan oleh Menteri Perdagangan Bangladesh, Mr. Ghulam Muhammed Quader, MP, yang diundang sebagai Chief Guest bersama-sama dengan Duta Besar LB&BP RI untuk Bangladesh merangkap Nepal, Zet Mirzal Zainuddin serta President FBCCI pada tanggal 22 Maret 2012 pukul 11:00 waktu setempat, merupakan cerminan dukungan langsung Pemerintah Bangladesh terhadap penyelenggaraan Expo. Dalam sambutannya Duta Besar RI Dhaka menyampaikan bahwa hubungan Indonesia-Bangladesh ditandai dengan banyaknya aktivitas dan realisasi kerjasama di berbagai bidang yang telah menunjukkan peningkatan luar biasa dan mencerminkan trend positif untuk peningkatan yang lebih kongkrit ke depan. Hal ini dapat dilihat diantaranya melalui volume perdagangan Indonesia-Bangladesh yang telah mencapai US$ 1,4 milyar pada tahun 2011 dan peningkatan arus kunjungan wisata yang begitu pesat dari Bangladesh ke Indonesia serta peningkatan hubungan dan kerjasama bilateral Indonesia-Bangladesh yang lebih nyata dan saling melengkapi dikarenakan kedua negara memiliki latar belakang dan persamaan dalam sejarah, budaya, agama serta nilai-nilai adat dan sosial. Menteri Perdagangan, Mr. Ghulam Muhammed Quader dalam sambutan pembukaannya menyatakan kegembiraan atas upaya terobosan yang dilakukan KBRI Dhaka melalui penyelenggaraan Expo ketiga di Dhaka sebagai wahana nyata untuk lebih meningkatkan dan mempererat hubungan yang selama ini telah terjalin dengan sangat baik melalui pemanfaatan potensi dan untuk merespon besarnya permintaan pasar Bangladesh terhadap berbagai produk ekspor Indonesia; Indonesia dan Bangladesh telah saling dukung di berbagai fora regional dan internasional termasuk dalam penyelenggaraan Bali Demokrasi Forum IV tahun 2011 di Bali.

 

Pada malam harinya di tempat yang sama, telah diselenggarakan peringatan Ke-40 pengakuan Indonesia terhadap kemerdekaan Bangladesh dan berdirinya Hubungan Diplomatik RI-Bangladesh, dimana Duta Besar RI Dhaka bersama-sama dengan Mr. Abul Kalam Azad, MP., Menteri Informasi dan Kebudayaan Bangladesh yang diundang sebagai Chief Guest meresmikan acara tersebut dengan melakukan pemotongan kue peringatan secara bersama-sama didampingi para Duta Besar dari ASEAN serta disaksikan puluhan Duta Besar dari negara sahabat lainnya. Acara berakhir pada tanggal 24 Maret 2012, dimana Mr. Md. Faruk Khan, MP., Menteri Penerbangan Sipil dan Pariwisata Bangladesh yang diundang sebagai Chief Guest bersama-sama Duta Besar RI Dhaka menutup seluruh rangkaian kegiatan the 3rd Indonesia’s Intergrated Expo 2012 di Winter Garden Ruposhi Bangla Hotel, Dhaka serta disaksikan sekitar 2000 (dua ribu) pengunjung yang memadati arena dan gedung Expo di malam penutupan.

 

Penyelenggaraan Indonesian Expo-3 2012 di Dhaka, Bangladesh merupakan implementasi kongkrit komitmen Indonesia dan Bangladesh seperti yang telah disepakati bersama pada Sidang Komisi Bersama II di Bukittinggi, Sumatera Barat tanggal 9 Agustus 2010 dan diperkuat dengan pertemuan bilateral antara Presiden RI dan PM Bangladesh di Bali tanggal 7 Desember 2011 yaitu : untuk meningkatkan, memajukan dan mengembangkan hubungan dan kerjasama bilateral dalam berbagai sektor seperti perdagangan, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan antar kedua bangsa. Integrated Expo 2012 di Dhaka merupakan upaya nyata dari KBRI Dhaka guna memfasilitasi dan mendorong masyarakat bisnis dari Indonesia untuk lebih menggali dan memanfaatkan potensi pasar yang besar di Bangladesh, untuk meningkatkan ekspansi pasar komoditas ekspor Indonesia di Bangladesh, serta meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari Bangladesh ke Indonesia, dan untuk semakin menyebarluaskan wajah Indonesia secara utuh dan benar kepada masyarakat Bangladesh serta untuk semakin menumbuhkembangkan pengagum dan pencinta Indonesia di Bangladesh, diantaranya melalui display dan penayangan film dokumenter tentang kemajuan pembangunan ekonomi dan industri strategis nasional, keberagaman dan keindahan obyek wisata, seni-budaya dan kuliner nusantara.

 

Para pengusaha yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan the 3rd Indonesia’s Integrated Expo 2012 antara lain : CV. Tirta Sejahtera; Chozin Gallery; MM Motors; Mun-Mun Leather pvt. Ltd.; Betty Collection; Agri Bahari Indonesia; PT. Indofinite; CV. Kubayasa; CV. Fyrasso; Union Associates; PT. Garuda Food; Batik Cantik; dll serta stand khusus bagi Tour Operator ocal (Heritage Air Express) yang menawarkan Paket Tour ke Indonesia. The 3rd Indonesia’s Integrated Expo mendapat sambutan yang luar biasa dari ribuan pengunjung selama 3 (tiga) hari. Expo yang diupayakan oleh seluruh staf KBRI Dhaka menghadirkan 36 stand (Indonesia dan Bangladesh) dan panggung berukuran 15X18 m2 dengan bertatanan dekorasi panggung dari beragam latarbelakang seni-budaya Indonesia juga menampilkan peragaan berbagai ragam busana khas Indonesia antara lain : 22 pasang busana pengantin daerah nusantara, busana muslim, beragam produk batik dan busana kebaya dengan songket, dll, serta disemarakkan oleh pementasan berbagai tarian dari Indonesia antara lain Tari Pasembahan, Tari Aceh, Tari Piring, Tari Tor-Tor, Tari Payung, Tari Tapanuli, Tari Dayak, Tari Gending Sriwijaya dan Tari Nelayan Madura serta Tari Saputangan yang ditata langsung oleh KBRI, diperankan oleh keluarga besar KBRI dan masyarakat WNI di Dhaka dan Dhakabashi serta didukung oleh para model WN Bangladesh.

 

Rangkaian kegiatan Expo 2012 seperti pembukaan Expo, peringatan ke-40 Hubungan Diplomatik RI-Bangladesh dan penutupan Expo disambut dengan ledakan pengunjung dan masyarakat asing setempat pencinta Indonesia serta menyajikan dan menghidangkan beragam kuliner tradisional Indonesia.

 

Para pengusaha UKM Indonesia, peserta Expo yang pada awalnya tidak mengira akan besarnya antusias masyarakat Bangladesh dan tingginya daya beli mereka untuk membeli berbagai produk yang di display merasa sangat puas bukan hanya saja karena barang-barang mereka terjual habis tetapi juga karena mereka telah berhasil menjaring sejumlah buyers yang melakukan sejumlah deals dan proses untuk impor berbagai produk Indonesia ke Bangladesh. Oleh karena itu disamping menyampaikan penghargaan tinggi kepada KBRI Dhaka yang dengan jumlah staf sangat terbatas dan anggaran relatif kecil dapat menyelenggarakan Indonesia’s Integrated Expo-3 yang mereka nilai sangat bergengsi dan sukses besar, dan mereka berharap segera diundang lagi ke event serupa dalam waktu dekat.