“Seni Budaya Indonesia Bertayang di Televisi Nepal"

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka mendapatkan informasi langsung terkini di negara rangkapan dan dalam upaya untuk semakin meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang, Duta Besar RI untuk Bangladesh dan merangkap untuk Republik Demokratik Federal (Federal Democratic Republic of Nepal), Zet Mirzal Zainuddin, dalam kunjungan kerjanya ke Kathmandu baru-baru ini telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan dan pertemuan dengan pihak-pihak terkait di negara yang sedang merajut dan mempersatukan kembali benang-benang persatuan yang kusut dan terputus akibat proses menuju perdamaian yang berlarut-larut dan penyelesaian krisis politik yang belum sepenuhnya tercapai. Sekalipun ibukota Kathmandu diwarnai demonstrasi dan pemogokan total yang jadwalnya tidak menentu, sekalipun pelaksanaannya tertib dan damai, tidak menghalangi upaya Dubes RI dan Staf dalam melakukan upaya diplomasi dan peningkatan pencitraan Indonesia di negara akreditasi Nepal.

&bsp

Dalam suasana galau tersebut, KBRI Dhaka bekerjasama dengan salah satu saluran televisi terkemuka di Kathmandu, NEWS-24, berhasil menghibur publik Nepal tanggal 16 Mei 2012, pukul 21.40 waktu setempat, melalui tayangan 15 menit liputan pementasan Seni Budaya Indonesia oleh Grup Kesenian KBRI Dhaka yang mewakili Indonesia pada acara pementasan Cultural Diversity Asia Pacific dalam rangka Asia Pacific Ministerial Cultural Diversity Forum di Dhaka tanggal 10 May 2012. Tiga hari kemudian tepatnya tanggal 21 May 2012, publik Nepal kembali diramaikan oleh pemberitaan media-media cetak dan elektronik Nepal berkaitan keberhasilan dari dua orang pendaki Indonesia (dari 7 Summit Expedition Team) yang melalui jalur utara telah berhasil menaklukan dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak Gunung Everest.

&bsp

Dalam pertemuan dengan Menteri Menteri Pendidikan Nepal, Mr. Dinanath Sharma dan Chief Poltical Adviser PM Nepal, Mr. Derendra Panel pada acara “Working dinner” dengan co-host Konsul Kehormatan RI, Mr. Chandra Prasad Dhakal, pada tanggal 15 Mei 2012, Dubes RI menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia sejak tahun 2010 telah menawarkan kepada pemerintah Nepal Beasiswa program Dharmasiswa (program non gelar selama 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan) serta Beasiswa Kemitraan Negra Berkembang (KNB) program tingkat master selama 3 Tahun untuk berbagai jurusan atau bidang ilmu di beberapa perguruan terkenal dan pilihan di Indonesia. Menteri Dinanath Sharma dalam tanggapannya antara lain antara lain menyatakan kegembiraannya dan menilai pentingnya bagi Nepal untuk memnfaatkan Beasiswa program Dharmasiswa dan Program Pasca Sarjana dimaksud karena banyak siswa dan peminat yang membutuhkannya. Untuk itu Menteri Sharma akan mengingatkan pihak-pihak terkait untuk membantu mempublikasikan tawaran beasiswa RI tersebut. Dengan dicapainya konsesnsus perdamaian untuk mengakhiri krisis politik yang telah membuat Nepal tertinggal banyak dalam pembangungunan di berbagai bidang, Menteri Sharma sangat mengharapkan bantuan Indonesia untuk mendukung pembangunan Nepal di berbagai bidang serta mendorong para investor dari Indonesia untuk turut ambil bagian dalam pelaksanaan pembangunan di nepal.

&bsp

Harapan Menteri Sharma akan pentingnya untuk mempererat kerjasama kedua negara seperti yang pernah disampaikan baik oleh Presiden maupun PM Nepal, semakin dipertegas oleh keputusan Parlemen Nepal yang telah memberikan rekomendasi kepada panel Kemlu Nepal tanggal 15 May 2012 untuk membuka Kantor Perwakilan Diplomatik Republik Federal Nepal di Indonesia dalam jangka waktu singkat atau menengah, bersamaan dengan di 5 negara lainnya (Portugal, Italy, Turkey, Bhutan dan Maldives dan Afganistan) serrta Konsulat di Jeddah, Mumbai dan Ghuang-Zhou.

&bsp

Dubes RI Dhaka merangkap Nepal, pada jamuan makan malam di Hotel Shangrila Kathmandu dengan co-host bersama Konsul Kehormatan RI di Kathmandu, memanfaatkan kesempatan untuk mempublikasikan tentang rencana penyelenggaraan TRADE EXPO International Indonesia (TEI 2012) di Kemayoran, Jakarta pada pertengahan bulan Oktober 2012 melalui penyebaran informasi dan booklets TEI 2012 kepada hadirin yang terdiri dari pejabat-pejabat Kemlu Nepal, kalangan pengusaha a.l. Dr. Rajesh Kaji Shrestha, Ketua KADIN Nepal/Chairman R.K Associates; Mr. Janak Sharma Poudyal, GM Global Bank; Mr. Doj Raj Sharma, Corporate Director City Express; Mr. Ram Kaji Koney, Managing Director Gandaki Tours & Travel Ltd; Mr. Anil Joshi, Chairman News24 TV; Mr. Sanjaya Adhikari, Executive Director, Radio Rajdhani; dll. Dalam kesempatan tersebut telah disampaikan informasi mengenai berbagai peluang bisnis di Indonesia, termasuk kemungkinan pembentukan kerjasama antar KADIN dan Tour Operator dari kedua negara. Beberapa pengusaha yang hadir telah menyatakan ketertarikannya untuk hadir dalam expo tersebut termasuk Pimpinan Chairman News24, salah satu TV swasta utama Nepal, telah menyatakan keinginanya untuk melakukan liputan objek-objek wisata di berbagai daerah di Indonesia, khususnya Bali serta kesediaannya untuk menayangkan program-program promosi Indonesia, terutama promosi wisata dan seni-budaya termasuk bahan-bahan promosi yang akan dikirim oleh KBRI Dhaka, misalnya video-video, dengan format HD/MPEG/MP4, mengenai pariwisata, kesenian tradisional dll. Seperti pada kunjungan-kunjungan kerja sebelumnya, Dubesr RI dan Staf telah pula menyempatkan waktu untuk mengadakan silaturrahmi dengan anggota masyarakat WNI dan diaspora Indonesia di Kathmandu tanggal 17 Mei 2012 serta memantau keadaan 3 anggota WNI pendaki gunung himalaya yang sedang dalam perjalanan menuju puncak gunung Everest melalui jalur selatan. Kabar terakhir yang diterima oleh pihak KBRI ialah bahwa tim tersebut membatalkan niat mereka untu meneruskan expedisi ke puncak dengan alasan cuaca yang tidak mendukung. Seluruh anggota tim serta para pemandu mereka diinfokan dalam keadaan selamat. KBRI Dhaka, 22 Mei 2012.