Konferensi Pers

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Dhaka menyelenggarakan konferensi pers pada tanggal 18 Maret 2012 dalam rangka peresmian Indonesia Expo-3 Tahun 2012 dengan tema the 3rd Integrated Expo 2012 : “Discover Wonderful Indonesia, the Potentials Unlimited”, yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari terhitung mulai tanggal 22-24 Maret 2012 di Winter Garden, Ruposhi Bangla Hotel, Dhaka, Bangladesh. Acara Konferensi Pers diliput oleh seluruh wartawan dari media elektronik seperti : Independent TV, ETV, My TV, NTV, Diganta TV, Bangla Vision, Channel-i, dan media cetak seperti : the Daily Star, the Independent, the Daily Sun, Janakantha, Financial Express, dll.

 

Mr. Ghulam Muhammed Quader, MP, Menteri Perdagangan Bangladesh yang diundang sebagai Chief Guest bersama-sama dengan Dubes RI Dhaka, Zet Mirzal Zainuddin akan meresmikan the 3rd Indonesia’s Integrated Expo 2012 pada tanggal 22 Maret 2012 pukul 11:00 waktu setempat. Pada malam harinya, Dubes RI Dhaka dan Dr. Dipu Moni, MP, Menteri Luar Negeri Bangladesh yang diundang sebagai Chief Guest akan membuka pagelaran seni-budaya dan kuliner Indonesia dalam rangka peringatan ke-40 Hubungan Diplomatik RI-Bangladesh. Pada tanggal 24 Maret 2012, Mr. Md. Faruk Khan, MP, Menteri Penerbangan Sipil dan Pariwisata Bangladesh yang diundang sebagai Chief Guest bersama-sama dengan Dubes RI Dhaka akan menutup seluruh rangkaian kegiatan promosi Indonesia pada The 3rd Indonesia’s Integrated Expo 2012 di Dhaka, Bangladesh.

 

Penyelenggaraan Indonesian Expo-3 2012 di Dhaka, Bangladesh merupakan implementasi kongkrit komitmen Indonesia dan Bangladesh seperti yang telah disepakati bersama pada Sidang Komisi Bersama II di Bukittinggi, Sumatera Barat tanggal 9 Agustus 2010 yaitu : untuk meningkatkan, memajukan dan mengembangkan hubungan dan kerjasama bilateral dalam berbagai sektor seperti perdagangan, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan antar kedua bangsa yang memiliki kesamaan dalam sejarah, kultur dan budaya. Expo ini juga memberikan kesempatan yang lebih besar kepada masyarakat luas Bangladesh, komunitas bisnis dan insan media/pers untuk mengenal Indonesia secara lebih dalam dan lengkap.

 

The 3rd Indonesia’s Integrated Expo 2012 di Dhaka merupakan upaya nyata dari KBRI Dhaka guna memfasilitasi dan mendorong masyarakat bisnis dari Indonesia untuk lebih menggali potensi pasar yang besar di Bangladesh, untuk meningkatkan ekspansi pasar komoditas ekspor Indonesia di Bangladesh, serta meningkatkan arus kunjungan wisatawan dari Bangladesh ke Indonesia, dan memperkenalkan wajah Indonesia secara utuh dan benar kepada masyarakat Bangladesh, diantaranya melalui display dan penayangan film dokumenter tentang kemajuan pembangunan ekonomi dan industri strategis nasional, keberagaman dan keindahan obyek wisata, seni-budaya dan kuliner nusantara.

 

Hasil nyata rangkaian kegiatan promosi Indonesia di negara akreditasi adalah peningkatan yang sangat signifikan pada nilai perdagangan RI-Bangladesh dari tahun ke tahun dengan posisi surplus lebih dari 95% bagi Indonesia. Nilai perdagangan bilateral RI-Bangladesh pada tahun 2011 telah mencapai US$1,4 milyar. Kecenderungan positif serupa juga terjadi di bidang pariwisata dengan peningkatan sekitar 300% arus kunjungan wisatawan asal Bangladesh yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata terfavorit, terutama pulau Bali dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

 

Para pengusaha yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan Indonesia Expo-3 tahun 2012 akan menampilkan berbagai produk unggulan asal Indonesia, antara lain display produk dari PT. Dirgantara Indonesia, PT. PAL, PT. INKA, furniture, batik, kerajinan tangan, display produk-produk makanan dari Indofood, ban mobil, promosi wisata, promosi pendidikan beasiswa, dll. Untuk memfasilitasi para pengunjung yang tertarik berwisata ke Indonesia, KBRI menyediakan stand khusus bagi 1 (satu) Tour Operator lokal yang menawarkan Paket Tour ke Indonesia. Disamping itu akan diperagakan berbagai ragam busana khas Indonesia antara lain : busana pengantin daerah nusantara, busana muslim, beragam produk batik dan busana kebaya dengan songket, dll, serta akan dimeriahkan oleh pagelaran berbagai tarian dari Indonesia antara lain Tari Pasembahan, Tari Aceh, Tari Piring, Tari Saputangan, Tari Tor-Tor, Tari Payung, Tari Nelayan, Tari Tapanuli, Tari Dayak, dan Tari Gending Sriwijaya yang ditata langsung oleh KBRI, diperankan oleh keluarga besar KBRI, masyarakat WNI di Dhaka dan para penari dari Dhakabashi serta didukung oleh para model WN Bangladesh.

 

Tiga hari sebelumnya tanggal 15 Maret 2012, Dubes RI Dhaka dan Staf telah menyelenggarakan Working Dinner dengan 40 pengusaha Bangladesh khususnya para importir berbagai komoditas ekspor Indonesia di Wisma Duta, dimana sejumlah pengusaha menyampaikan keinginan serta permohonan bantuan KBRI untuk mendapatkan berbagai jenis produk ekspor Indonesia, termasuk batu bara dan produk Pertamina.