Tenggelamnya Kapal Feri MV Pinak-6 di Sungai Padma, distrik Munshiganj, Bangladesh

8/5/2014

?Hari Senin (04/08) pagi sebuah kapal feri MV Pinak-6  yang mengangkut lebih dari 250 orang penumpang terbalik di sungai Padma, dekat wilayah Louhajang di distrik Munshiganj, sekitar 30 kilometer sebelah barat daya kota Dhaka, Bangladesh. Kapal feri tersebut mengangkut penumpang dari pelabuhan Kawrakandi, Madaripur menuju pelabuhan Mawa. Kecelakaan disebabkan karena kapal feri dengan kapasitas 85 orang telah mengangkut penumpang melebihi kapasitas (± 250  orang) dan ketika berada kurang lebih setengah kilometer menuju pelabuhan Mawa diduga menghadapi gelombang kuat akibat angin kencang.

 
Pemilik kapal feri diketahui bernama Moniruzzaman Khan Khokon dan dikelola oleh Kalu Miah. Namun Ketua Bangladesh Inland Waterways Passenger Carriers Association, Mahbub Uddin Ahmed, tidak dapat memberikan keterangan lebih rinci karena MV Pinak-6 bukan merupakan anggota asosiasi dan pihak asosiasi tidak memiliki informasi lengkap mengenai pemilik kapal feri tersebut. Sementara Departemen Perkapalan Bangladesh menyatakan bahwa sertifikat layak berlayar kapal feri Pinak-6 telah berakhir pada tanggal 30 April 2014 lalu.
 
Berdasarkan keterangan Tofazzal Hossain, officer-in-charge  kantor kepolisian Louhajang yang dihubungi KBRI Dhaka, hingga hari Selasa (05/08), jumlah korban tewas, tercatat 2 (dua) orang wanita Bangladesh berumur 25 dan 40 tahun dan dipastikan  tidak terdapat korban WNI dalam peristiwa kecelakaan tersebut.
 
Dhaka, 5 Agustus 2014