Welcoming Function oleh Australia-Indonesia Business Council, Northern Territory (AIBC-NT) dan Charles Darwin University, 29 Februari 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Pada tanggal 29 Februari 2012, bertempat di the Colonnade, Charles Darwin University (CDU) telah diselenggarakan cocktail function AIBC NT dan CDU untuk menyambut Konsul RI Darwin yang baru memulai tugasnya di wilayah NT, Australia. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Prof Barney Glover, Vice-Chancellor CDU yang sekaligus juga merupakan Chairman AIBC NT.

Acara tersebut dihadiri sekitar 40 orang diantaranya National President AIBC, Mr Ian Satchwell yang pada saat bersamaan sedang melakukan kunjungan ke Darwin untuk bertemu dengan pengurus dan anggota AIBC NT. Selain daripada itu, acara juga dihadiri oleh beberapa politisi NT seperti Minister of Primary Industry, Fisheries and Resources, Hon. Kon Vatskalis, Leader of the Opposition Parlemen NT, Mr. Terry Mills, Shadow Minister of Multicultural, Mr. Peter Styles, MLA serta para pejabat Departemen NT dan pimpinan CDU, para pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia-Australia (PPIA NT) maupun para mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang belajar di CDU.

Chairman AIBC NT yang juga merupakan Vice Chancellor CDU, Prof Barney Glover dalam sambutan pembukaan menyampaikan kehadiran Konsul RI yang baru akan memperkuat kerjasama yang telah ada antara AIBC NT, CDU dan KRI Darwin. Prof Barney Glover menyampaikan bahwa Charles Darwin University sebagai universitas Australia yang paling dekat dengan Indonesia, memiliki komitmen untuk terus mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan antara kedua negara. Dalam perspektif bisnis, disebutkan bahwa Australia secara khusus NT harus melihat pertumbuhan ekonomi yang sedang terjadi di Utara, khususnya di Indonesia sebagai peluang yang perlu dimanfaatkan oleh kalangan bisnis di NT.

Sementara itu Mr Ian Satchwell, National President AIBC NT yang menyampaikan bahwa hubungan bisnis yang dibangun dengan Indonesia harus didasarkan oleh hubungan personal, people-to-people link yang baik. Selain itu, juga disampaikan mengenai Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement yang dinilai sangat strategis dan hampir dapat disejajarkan dengan kerjasama FTA antara Australia dan Selandia Baru. Untuk itu, pihak AIBC melalui kerjasama dengan Australia Chambers for Industry (ACI), KADIN Indonesia dan Indonesia-Australia Business Association (IABC) akan membentuk suatu business partnership group.

Dalam sambutannya, Konsul RI Darwin berkesempatan menyampaikan apresiasi yang mendalam atas inisiatif AIBC dan CDU untuk menyelenggarakan function dimaksud. Disampaikan bahwa selama ini bidang pendidikan dan bisnis merupakan pilar penting dalam kerjasama antara Indonesia dan Australia. Konsul juga menyampaikan mengenai situasi terakhir dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk memaparkan mengenai pencanangan MP3EI khususnya keberadaaan koridor 3 yang secara geografis dekat dengan NT.

Selain itu juga disampaikan mengenai kerjasama di bidang ekonomi antara yang sudah dibangun oleh Indonesia antara lain melalui ASEAN Economic Community, ratifikasi Indonesia bulan Mei 2011 terhadap AANZFTA, serta kerangka kerjasama IA-CEPA. Kerjasama-kerjasama tersebut diharapkan dapat mendapatkan dukungan aktif dari sektor swasta kedua negara. Konsul RI Darwin juga menyampaikan komitmen KRI Darwin untuk terus mendukung berbagai program yang akan diselenggarakan oleh AIBC NT. Diharapkan kedepannya AIBC dengan jaringan yang dimilliki di berbagai kota di Australia, dapat bersinergi dengan seluruh Perwakilan RI di Australia dalam mempromosikan peningkatan hubungan bisnis Indonesia-Australia.