Rencana penyelenggaraan kegiatan Kick Off Indonesian Year 2012 di Darwin, 30 Mei 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya peningkatan permintaan pasar di NT akibat adanya pembangunan kilang gas LNG milik INPEX, maka KRI Darwin telah melakukan upaya-upaya aktif untuk melibatkan dunia usaha dan tenaga kerja terampil dari Indonesia dalam proyek pembangunan kilang LNG milik INPEX. KRI Darwin akan melaksanakan rangkaian kegiatan Kick Off Indonesian Year 2012 pada tanggal 30 Mei 2012. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari pameran Indonesian Solo Exhibition, kegiatan seminar bisnis mengenai potensi hubungan ekonomi Indonesia-NT dan kegiatan temu usaha. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, KRI Darwin telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan beberapa instansi terkait seperti Ditjen PEN, Kemendag, BNP2TKI, ITPC Sydney dan IIPC Sydney maupun asosiasi bisnis setempat yaitu Australia-Indonesia Business Council (AIBC NT Chapter).


Untuk itu sebagai langkah konkrit dalam rangka persiapan kegiatan Kick Off Indonesian Year 2012, KRI Darwin bekerjasama dengan Direktorat Promosi dan Pengembangan Citra pada Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag telah melakukan rapat diseminasi informasi pelaksanaan kegiatan tersebut di Jakarta. Pertemuan telah dilaksanakan pada Selasa, 27 Maret 2012 bertempat di Lt. 14, Gedung Utama, Kemendag.


Hadir dalam pertemuan dimaksud antara lain wakil dari 7 perusahaan Indonesia yaitu dari PT TTP, Asmindo, PT Alverdi SB, PT Nurfauzan, GAPMMI, PT Suma Jaya, PT Ikafood Purimas, serta pejabat terkait dari Ditjen PEN-Kemendag, BNP2TKI dan Dit Astimpas-Kemlu. Dalam rapat tersebut, Bpk Nazirwan Hafiz selaku pelaksana fungsi ekonomi KRI Darwin ikut hadir sebagai narasumber dalam rapat dimaksud dan berkesempatan memberikan tiga presentasi yaitu mengenai profil ekonomi NT, profil kegiatan Kick Off Indonesian Year 2012 serta profil proyek INPEX di Darwin. Dalam upaya mempromosikan pelaksanaan kegiatan Kick Off Indonesian Year 2012 kepada sektor swasta Indonesia, pelaksanaan rapat dimaksud diliput oleh salah satu stasiun televisi yaitu TVRI dan pelaksana fungsi ekonomi juga berkesempatan untuk diwawancarai oleh TVRI mengenai kegiatan dimaksud.


Adapun dari hasil pelaksanaan rapat dimaksud, 3 perusahaan yang hadir yaitu PT Nurfauzan Sejahtera, PT Alverdu Surya Buana dan PT Teras Teknik Perdana telah menyatakan kesediaan untuk ikut serta pada kegiatan Indonesian Solo Exhibition di Darwin, bulan Mei 2012. Diharapkan dalam beberapa waktu kedepan, beberapa perusahaan lainnya juga akan memberikan konfirmasi kepastian keikutsertaan dalam rangkaian kegiatan Kick Off Indonesian Year 2012 di Darwin, bulan Mei 2012.