Peningkatan Kerja Sama Kota Kembar Darwin – Ambon

Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, Konsulat RI Darwin, Ardian Nugroho telah melakukan kunjungan ke Ambon dalam rangka memperkuat hubungan antara Northern Territory dan Maluku. Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 24-28 Mei 2015.

Selama berada di Ambon, telah dilakukan Pertemuan dengan Gubernur Maluku, Bapak Said Assagaf dan jajaran Pemprov Maluku, Walikota Ambon Bapak Richard Louhenapessy, Ketua DPRD Kota Ambon, James Maatita dan sejumlah anggota DPRD, kunjungan ke SMAN 5 Ambon serta melihat potensi pariwisata. 

Ambon dan Darwin telah memiliki kerja sama sister city selama 25 tahun sehingga perlu dilakukan identifikasi peluang baru yang diharapkan dapat memperluas dari kerja sama yang bersifat people to people ke bidang ekonomi. 

Peluang yang diidentifikasi adalah pembukaan konektivitas udara Darwin-Ambon, keikutsertaan Provinsi Maluku pada Expo perdagangan di Darwin, pencanangan Mangente (Visit) Ambon 2015 diharapkan dapat diseminasikan secara luas sehingga semakin banyak wisatawan mancanegara dari Australia yang berkunjung ke Ambon, dan penjajakan kerja sama tanggap darurat bencana. Selain itu, terdapat harapan bahwa pelaksanaan Darwin to Ambon Yacht Race dapat diikuti oleh lebih banyak peserta/perahu layar. 

KRI Darwin siap mendukung dan memfasilitasi berbagai gagasan dan keinginan Provinsi Maluku sehingga peluang-peluang baru tersebut dapat dikerjasamakan di masa mendatang.(Darwin, 3 Juni 2015)