Pelaksanaan konferensi tahunan Northern Territory Cattlemen’s Association (NTCA) dan kerjasama NTCA dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Padjadjaran

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 30 Maret 2012, bertempat di Holiday Inn on Esplanade – Darwin, Konsul RI Darwin dan staf fungsi ekonomi KRI Darwin berkesempatan untuk mengikuti kegiatan konferensi tahunan yang ke 28 dari organisasi peternak atau Northern Territory Cattlemen’s Association (NTCA). NTCA merupakan asosiasi peternak wilayah NT, yang mewakili 95% dari peternakan sapi NT dengan mengelola 2 juta ternak sapi yang sebagian besar diekspor ke Indonesia. Pertemuan diikuti oleh 450 peserta yang terdiri dari sektor Pemerintah dan sektor swasta selain anggota Asosiasi Peternak NT, juga perusahaan jasa dan perbankan yang bergerak di bidang agribisnis.


Kegiatan ini juga diikuti oleh delegasi dari Indonesia melalui kehadiran Prof Dr. Ir. Kusmartono, Dekan Fakultas Peternakan Unibraw – Malang dan Dr. Rachmat Hidayat, Pembantu Dekan III, Fakultas Peternakan Unpad – Bandung, serta Sdr. Robbie Agustiar, S.Pt dari Indonesian Society of Animal Science dan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Dalam pidato pembukaan Presiden NTCA, Mr Rohan Sullivan menyampaikan bahwa industri peternakan di NT mengalami periode yang cukup mengguncangkan pertengahan tahun 2011. Terutama terkait keputusan Pemerintah Australia menghentikan ekspor ternak sapi hidup sehubungan dengan penayangan video praktek kekejaman pemotongan sapi asal Australia di Indonesia oleh stasiun televisi ABC. Perkembangan saat ini menunjukkan perbaikan signifikan dalam proses pemotongan sapi asal Australia di Indonesia. Data yang terakhir bahwa sekitar 80% RPH yang mengolah ternak sapi asal Australia di Indonesia sudah menggunakan metode stunning, sejak dibukanya kembali ekspor sapi.


Konferensi juga menghadirkan keynote speaker yaitu Mr. John Baker, Asia Head of Food and Agribusiness Research and Advisory, Rabobank selaku institusi yang perbankan dengan spesialisasi di bidang pertanian dan peternakan. dalam presentasinya Mr John Baker memberikan perhatian khusus kepada pasar dan perekonomian Indonesia yang dinilai saat ini merupaka sebuah “remarkable economy”. Disebutkan bahwa Indonesia telah mengalami pertumbuhan PDB yang signifikan dan juga pertumbuhan investasi asing yang fantastis pada tahun 2012 yaitu sebesar $10 milyar.


Disela-sela acara jamuan makan malam, telah ditandatangani MoU Kerjasama antara NTCA dan 2 universitas di Indonesia yaitu Universitas Padjadjaran dan Universitas Brawijaya. Dalam MoU ini kedua belah pihak sepakat untuk melakukan saling tukar informasi, pengetahuan dan teknologi dibidang peternakan sapi, termasuk melalui asistensi dan peningkatan kapasitas serta pengalaman bagi para mahasiswa di kedua universitas melalui program magang di beberapa peternakan di NT, Australia. Penandatangan MoU tersebut disaksikan oleh Menteri Industri Primer, Perikanan dan Sumber Daya NT, Hon. Kon Vatskalis, MLA. Program magang ini rencananya akan berlangsung selama 8 minggu dari tanggal 24 April 2012 sampai dengan 22 Juni 2012. Program magang meliputi training di peternakan Australia yaitu di Tiperrary Waters Station, kegiatan penelitian di dua research farms milik Dept. of Resources NT, yaitu di Douglas Daly Research Farm dan Kidman Springs Research Farm dan pada 4 minggu terakhir para mahasiswa akan mengikuti kegiatan magang di 4 peternakan sapi di wilayah NT. Rencananya para mahasiswa akan meninggalkan Darwin pada tanggal 25 Juni 2012.