Kunjungan Konsul RI Darwin ke markas militer NORCOM di Darwin, 26 April 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 Pada tanggal 26 April 2012 Konsul RI Darwin didampingi oleh Fungsi Ekonomi dan Fungsi Pensosbud telah mengadakan kunjungan dan bertemu dengan Komandan NORCOM (Northern Command), Air Commodore Mr. Ken Watson (KW) bertempat di Markas NORCOM, Larrakeyah Barracks, Darwin.

 

Pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan bersahabat ini diawali dengan perkenalan resmi sebagai Konsul RI Darwin yang baru, dan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan selama ini dengan Konsulat RI Darwin.

 

Komandan NORCOM menjelaskan tugas dan kewenangan dari NORCOM yang memonitor perbatasan Australia bagian Utara dan Barat. Dalam pelaksanaan tugasnya, NORCOM berkoordinasi pula dengan badan-badan lainnya seperti salah satunya Bea dan Cukai.

 

Komadan NORCOM menerangkan pula tentang kerjasama dengan TNI-AL melalui coordinate patrol yang selama ini berlangsung dengan baik dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama tersebut.  Dinformasikan tentang kehadiran dua kapal TNI-AL ke Darwin setelah mengadakan coordinate patrol dengan AL Australia di sekitar perbatasan dengan Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Selanjutnya, pada kesempatan kunjugan tersebut, Konsul RI dan Komandan NORCOM telah bertukar pikiran mengenai isu-isu yang menjadi perhatian bersama, seperti antara lain illegal fishing.  Dicatat bahwa akhir-akhir ini ada kecenderungan penurunan aktivitas illegal fishing.  Namun terindikasikan adanya peningkatan people smuggling melalui Indonesia.

 

Untuk itu, Konsul RI mengggaris bawahi mengenai perlunya peningkatan kerjasama antar kedua negara dalam menangani kasus tersebut.