Kunjungan Konsul RI Darwin ke National Critical Care & Trauma Response Centre, (NCCTRC), Royal Darwin Hospital.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertempat di Royal Darwin Hospital (RDH), Darwin, pada tanggal 25 Maret 2012 Konsul RI Darwin telah mengunjungi 17 perawat dari RS. Sanglah, Bali, yang sedang mengikuti program orientasi keperawatan di National Critical Care & Trauma Response Centre (NCCTRC), Royal Darwin Hospital (RDH), Darwin, Australia.

Para perawat tersebut akan mengikuti program orientasi selama 6 minggu di Darwin, Australia, dengan program yang berkecimpung dalam penanganan medis bagi korban kebakaran (burn unit). Program ini merupakan implementasi kerjasama antara RS. Sanglah, Bali dengan RDH, khususnya dengan NCC-TRC yang telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Australia melalui badan AusAid sebesar Aud$ 598,701 untuk jangka 3 tahun ke depan (Februari 2012 s/d Februari 2015).

Program yang diawali dengan orientasi workshop, membahas mengenai kepedulian akan budaya (cultural awareness), pengawasan penyakit infeksi (infection control), keamanan dalam kebakaran (fire safety), prosedur dan peralatan kesehatan (manual handling & equipment) sesuai standart Australia yang dimiliki oleh RDH.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan on site visit persiapan tim gerak cepat NCCTRC guna melihat secara langsung kesiapan ari peralatan medis NCCTRC untuk melakukan bantuan secara darurat, yang difasilitasi oleh Dr. Len Notaras AM (Executive Director NCCTRC), didampingi oleh Mr. Colin McDonald QC (Chairman RDH Board & Chairman of the Regional Engagement Committee RDH), dan Dr. Ian Norton (Director of Disaster Preparedness & Response NCCTRC).