Keikutsertaan delegasi Northern Territory (NT) dalam kegiatan OZMine 2012 di Jakarta tanggal 16 -18 April 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Delegasi dari NT telah berpartisipasi dalam kegiatan pameran dan konferensi OZMine, Australian Mining Conference & Exhibition di Hotel Shangrila, Jakarta tanggal 17 – 18 April 2012. OzMine merupakan suatu kegiatan dalam upaya membangun kerjasama antara perusahaan-perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan di Australia dan Indonesia. Kegiatan OzMine 2012 bertemakan Sustainable and Responsible Mining: ASEAN & Australia in Synergi.

 

Delegasi NT terdiri dari 10 orang yang terdiri dari perwakilan Department of Chief Minister (DCM) NT, Konsulat RI Darwin dan KADIN-NT, maupun perwakilan dari 4 perusahaan NT yang bergerak di bidang jasa pertambangan yaitu PPI Protective Coatings, CTB Contracting, PJ’s Custom Brokers, Carcom Installations dan 1 perusahaan berbasis di NT yang telah mendirikan perusahaan di Indonesia yaitu PT Blackwoods Indonesia.

 

Selain itu pada tanggal 16 April 2012, perwakilan Pemerintah NT dan Konsulat RI Darwin juga telah mengikuti kegiatan ASEAN-Australia Mining Workshop. Dalam workshop tersebut, Mr Brian O’Gallagher, Executive Director Major Projects, Trade and Asian Relations, DCM NT, memberikan presentasi mengenai Sustainabe & Responsible Mining: The Northern Territory’s Experience. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk saling membagikan informasi mengenai praktek-praktek pertambangan yang baik di Australia dan di beberapa negara ASEAN yaitu antara lain Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam dan Malaysia.

 

Sementara itu disela-sela kegiatan pameran, delegasi juga melakukan beberapa pertemuan dengan beberapa perwakilan perusahaan pertambangan di Indonesia seperti Bumi Resources, PT Newcrest Indonesia serta Kiroyan & Partners untuk menjajaki keikutsertaan perusahaan-perusahaan tersebut dalam kegiatan Indonesian Mining Forum yang akan dilaksanakan di Darwin (18 September 2012) bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan South East Asia Australia Offshore Conference 2012. Selain itu, delegasi juga telah melakukan pertemuan dengan Ketua IIPC Sydney.

 

Pengiriman delegasi NT dalam kegiatan OZMine 2012, merupakan misi yang pertama untuk tahun 2012 ini. Berikutnya Pemerintah NT berencana untuk berpartisipasi pada kegiatan Balikpapan Expo (Juni 2012) dan akan menyelenggarakan Indonesian Mining Forum di Darwin (18 September 2012) bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan South East Asia Australia Offshore Conference 2012.

 

Aktifnya Pemerintah NT mengirimkan misi dagang dan investasi  terutama dengan melibatkan pengusaha NT yang bergerak di bidang produk dan jasa pertambangan, telah menghasilkan beberapa rencana usaha patungan serta pendirian PT Power Trains Solutions Indonesia, PT Blackwoods Indonesia yang berkedudukan di Balikpapan, Kalimantan Timur.