Promosi Indonesia di Alice Springs

4/7/2014

 

?KONSULAT REPUBLIK INDONESIA

DARWIN

 

20 Harry Chan Avenue, Darwin

Northern Territory, Australia

Telp. +61-8 89430200 Fax. +61-8 89412709

Email : kridrw@indoconsdarwin.org.au

 

SIARAN PERS

No. 15/KRI-Darwin/140401

 

 

Promosi Indonesia di Alice Springs

 

 

Sekitar 50 orang masyarakat di Alice Springs menghadiri kegiatan Promosi Indonesia dengan tema Harmony Day, pada tanggal 29 Maret 2014. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Australia Indonesian Cultural Centre (AICC) dan Balai Bahasa Indonesia Australia (BBIA) yang berada di Alice Springs.

 

Konsul RI Darwin, Bapak Ade Padmo Sarwono, turut hadir untuk menyampaikan sambutan. Hadir pula Mr. Damien Ryan, Walikota Alice Springs; anggota AICC dan BBIA; serta masyarakat Australia dan Indonesia di Alice Springs.

 

Bapak Ade Padmo Sarwono mengapresiasi berbagai upaya dan langkah yang dilakukan AICC dan BBIA dalam mempromosikan Budaya dan Bahasa Indonesia di Alice Springs. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman antar masyarakat kedua Negara serta meningkatkan people to people link.

 

Bapak Ade Padmo Sarwono menambahkan bahwa NT dan Indonesia terus menjalin hubungan yang baik misalnya melalui kegiatan pertukaran siswa dan guru (misalnya saat ini terdapat 1 guru asal Maluku yaitu Bapak Pieter Salhuteru yang tengah mengajar Bahasa Indonesia selama 1 semester di Alice Springs dalam kerangka exchange program NT and Maluku Province); penjajakan kerja sama antara NT dengan Propinsi NTT serta kunjungan group band music B2M ke Kupang pada akhir Maret 2014 (group ini terdiri dari 5 penyanyi masyarakat Aborigin).

 

Dalam acara Harmony Day ini, dipertunjukkan pula hasil kerajinan membatik anggota AICC dan BBIA, proses membatik tulis dan membuat kipas batik, serta presentasi kegiatan 2 anggota AICC yang berkunjung ke Bali dan tinggal bersama masyarakat Bali sekaligus melihat proses Ngaben, pada Juli 2013.

 

Di akhir kegiatan, dilakukan pemberian door prize dengan hadiah kerajinan tangan. KRI Darwin telah menyumbangkan Buku Laskar Pelangi dalam Bahasa Inggris sebagai salah satu hadiah.

 

Harmony Day dirayakan setiap tanggal 21 Maret di Australia untuk meningkatkan keharmonisan dan saling menghormati antar masyarakat Australia yang terdiri dari berbagai Bangsa dan Budaya.

 

 

Darwin, 1 April 2014




sambutan.jpg

Konsul RI Darwin menyampaikan Sambutan




audiensi.jpg

Walikota Alice Springs (baju putih) dan Undangan lainnya?