Pertukaran Guru Indonesia-Australia Tingkat Sekolah Dasar Program BRIDGE

3/14/2014

 

?

KONSULAT REPUBLIK INDONESIA

DARWIN

 

20 Harry Chan Avenue, Darwin

Northern Territory, Australia

Telp. +61-8 89430200 Fax. +61-8 89412709

Email : kridrw@indoconsdarwin.org.au

 

SIARAN PERS

No. 07/KRI-Darwin/140314

 

 

Pertukaran Guru Indonesia-Australia Tingkat Sekolah Dasar Program BRIDGE

 

 

Konsul RI Darwin, Ade Padmo Sarwono, pada tanggal 12 Maret 2014, menerima kunjungan Rella Wasilah dan Erna Permatasari, 2 guru asal SDN Cicabe Bandung dan Louise Peyton dari St. Paul’s Catholic Primary School di Darwin.

 

Kedua guru dari SDN Cicabe tersebut tengah mengikuti pertukaran guru ke Darwin selama 2 minggu sebagai bagian dari BRIDGE (Building Relationships through Intercultural Dialogue and Growing Engagement) Program yang dilaksanakan oleh Asia Education Foundation. Selanjutnya pada bulan Juli 2014, 2 orang guru dari St. Paul’s Catholic Primary School akan berkunjung ke SDN Cicabe.

 

Selama berada di Darwin, kedua guru asal Indonesia ini telah memperkenalkan Budaya Indonesia misalnya mengenai kegiatan memasak, keterampilan dan presentasi angklung serta terlibat dalam kegiatan projects di Sekolah. Kedua guru menyatakan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam BRIDGE Program dan mempelajari secara langsung metode belajar tingkat Sekolah Dasar di Australia.

 

Konsul RI Darwin menyampaikan bahwa pertukaran guru pada tingkat Sekolah Dasar merupakan program yang baik karena selama ini, utamanya di Northern Territory lebih banyak dilakukan pada tingkat sekolah menengah atas dan universitas. Disampaikan pula bahwa berbagai pengalaman positif yang diperoleh oleh para guru dapat diterapkan di Indonesia. Konsul RI juga berharap bahwa guru-guru dari St. Paul’s Catholic Primary School juga dapat memperoleh manfaat dari keikutsertaan dalam program BRIDGE serta mendorong pembelajaran Bahasa dan Budaya Indonesia.

 

St. Paul’s Catholic Primary School saat ini memiliki program Kelas Bahasa Indonesia untuk semua kelas mulai Transition Class hingga Year 6 dengan durasi 1 jam per minggu.

 

Darwin, 14 Maret 2014



007 140314 Program BRIDGE SDN Cicabe St Paul - Foto bersama.jpg

Foto bersama Konsul RI Darwin dengan guru dari SDN Cicabe dan St. Paul’s Catholic Primary School