Pelajar Indonesia di NT perkenalkan Tari asal Maluku kepada puluhan pelajar Australia

3/28/2014

 

?

KONSULAT REPUBLIK INDONESIA

DARWIN

 

20 Harry Chan Avenue, Darwin

Northern Territory, Australia

Telp. +61-8 89430200 Fax. +61-8 89412709

Email : kridrw@indoconsdarwin.org.au

 

SIARAN PERS

No. 11/KRI-Darwin/140326

 

 

Pelajar Indonesia di NT perkenalkan Tari asal Maluku

kepada puluhan pelajar Australia


Pelajar Indonesia di NT perkenalkan Tarian Lompat Gaba-Gaba asal Propinsi Maluku dalam kegiatan Open Doors to Asia dan Charles Darwin University’s (CDU) Harmony Day pada tanggal 21 Maret 2014 di Kampus CDU. Para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia Northern Territory (PPIA-NT) melakukan dua kali lokakarya budaya kepada puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama di Darwin dan mahasiswa CDU pada kegiatan berdurasi delapan jam tersebut.

 

Kegiatan Open doors to Asia & CDU Harmony Day dilakukan setiap tahun untuk memberikan pemahaman multikultural kepada pelajar Australia di Darwin dengan tema “everyone belongs”. Darwin merupakan Kota multikultur dimana penduduknya hidup berdampingan secara harmonis dan salah satu komunitas asing terbesar di Darwin adalah Indonesia.

 

Dalam beberapa kesempatan, Ketua PPIA NT, Sdri. Charista Pratiwi menyebutkan bahwa penting bagi komunitas Indonesia untuk memperkenalkan budaya dari berbagai Provinsi, bukan hanya Bali atau Jawa tetapi juga dari propinsi-propinsi lainnya. Kali ini Tarian Lompat Gaba-gaba diperkenalkan karena unik dan menarik untuk diperagakan, tambahnya. Selain itu Charista juga menyampaikan bahwa PPIA NT akan terus menggunakan kesempatan yang ada melalui kegiatan perkenalan Budaya dan Bahasa Indonesia kepada para pelajar Australia.

 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama dan bantuan dari Konsulat RI Darwin, Multicultural Youth Northern Territory (MyNT) dan CDU. Berbagai tanggapan positif yang diterima oleh PPIA NT selama proses kegiatan tersebut, antara lain dari para siswa dan guru peserta loka karya dan pihak International Office – CDU.

 

Kedepannya PPIA NT berencana untuk berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang diselenggarakan baik oleh Pemerintah NT maupun Komunitas Indonesia di NT.

 

 

Darwin, 26 Maret 2014

Gaba1.jpg

Siswa SMP Darwin mencoba tarian Lompat Gaba-Gaba dalam program Open Doors to Asia



Gaba2.jpg

Mahasiswa CDU belajar tarian Lompat Gaba-gaba